PPTQ-Al Hasan Ponorogo

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
PPTQ-Al Hasan Ponorogo

Profil

Sudah menjadi tradisi bagi masyarakat Ponorogo, yang notabene dekat dengan Pondok Pesantren, mengadakan sima’an al-Qur’an bila ada hajatan di rumahnya, atau sebagai ungkapan rasa syukur atas rezeki yang diberikan-Nya.

Begitu pula yang dilakukan K.H. Qomari Hasan. Tokoh masyarakat yang terkenal sebagai kontraktor sukses ini hampir setiap minggu mengadakan sima’an al-Qur’an di rumahnya, di jalan Parang Menang-Patihan Wetan-Babadan-Ponorogo. Salah satu hafidz yang selalu diminta untuk mengisi sima’an tersebut yaitu Abah Husein Ali, yang kala itu masih nyantri di Magelang. Hingga akhirnya Abah Husein diangkat sebagai anak oleh Mbah Qomari.

Pertengahan tahun 1983, Abah Husein bersama Mbah Qomari sowan ke kediaman K.H. Hamid di Kajoran, Magelang. Kiai Hamid dawuh kepada Abah Husein,”Ilmu yang kau peroleh sudah saatnya kau amalkan. Segera dirikan pesantren di tempat yang kau tinggali saat ini.”

Kurang lebih satu tahun kemudian, yaitu tanggal 7 Juli 1984, Abah Husein mendirikan pesantren sesuai titah Kiai Hamid. Pendirian pesantren terletak di dekat kediaman Mbah Qomari, yaitu tanah wakaf dari Mbah Qomari sendiri. Pondok pesantren ini kemudian dinamakan PPTQ (Pondok Pesantren Tachfidzul Qur’an) “AL-HASAN”.

Nama “al-Hasan” dinisbatkan pada nama ayah Mbah Qomari yaitu Kiai Hasan Arjo. Dengan nama ini pula, Abah Yai Husein ingin mengenang saudara kembar beliau, Hasan, yang telah meninggal di usia muda. Selain itu, Abah Yai Husein tafaulan pada cucu Rosululloh SAW, yaitu sayyidina Hasan..

Pengasuh
K.H. Qomari Hasan

Pendidikan

Di pesantren yang lokasinya cukup dekat dengan STAIN Ponorogo ini, para santri di pagi harinya dibebaskan bersekolah di luar pesantren. Sebab, al-Hasan hingga kini belum memiliki lembaga pendidikan formal. Selain di MA terdekat, ada pula beberapa santri yang kuliah di STAIN, maupun Institut Sunan Giri yang lokasinya juga tak jauh dari al-Hasan.
 

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Madrasah Diniyah

Ekstrakurikuler

1. Tahsin dan Tahfidz Qur'an
2. Tahassus Kitab Salafy        
3. Seni Baca Alquran
4. Khitobah 3 Bahasa
5. Hadroh
6. Praktek Ubudiyah
7. Beladiri



 

 

Fasilitas

1. Asrama Santri
2. Pesantren
3. Ruang Guru dan Staff
4. Laboratorium Komputer
5. Gudang
6. Mushola
7. Dapur
8. Tempat Parkir
9.  Madrasah
10. Kamar Mandi/WC

 

Alamat

Jl. Parang Menang, Patihan Wetan, Babadan, Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur

Kode Pos : 63491

Telepon : 0352-484220

 

 

 

Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id


 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.