Jelang Idhul Qurban, Gunakan Cara ini untuk Melunakkan Daging

 
Jelang Idhul Qurban, Gunakan Cara ini untuk Melunakkan Daging

LADUNI.ID, Jakarta - Menjelang hari Raya Idul Adha 1440 H yang jatuh pada 10 Dzulhijjah esok atau Minggu, 11 Agustus, menjadi momen yang dinantikan oleh banyak umat Muslim sedunia. Karena selain disebut sebagai Idul Adha hari itu juga disebut Idul Qurban.

Seusai shalat Idul Adha, masyarakat biasanya antusias untuk melakukan kegiatan pemotongan dan penerimaan daging hewan qurban berupa sapi maupun kambing. Tradisi yang sudah melekat di masyarakat Indonesia itu tak lepas dari pengolahan daging kurban.

Namun, biasanya mengolah daging kurban menjadi kendala. Hal itu terkait dengan rasa dan empuknya daging.

Sebelum mengolah daging kurban menjadi santapan lezat, membuat daging menjadi empuk merupakan hal penting yang harus dilakukan, agar tidak alot saat dimakan.

Untuk itu, ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar daging kurban bisa makin empuk.

Membungkus dengan Daun Pepaya

Tips pertama ini mungkin agak susah bagi yang belum pernah mencoba. Tapi coba dulu ya...

Bungkus daging dengan daun pepaya secara rapat selama minimal satu jam sebelum diolah menjadi masakan. Daun pepaya ini mengandung Enzim alami yang berfungsi sebagai pelunak.

Balur dengan Nanas

Tips kedua ini sudah populer di masyarakat. Karena buah Nanas ini ternyata tak hanya menjadi buah yang enak untuk dikonsumsi, tetapi juga sebagai bahan pelunak daging.

Jadi, cukup memilih nanas yang masih muda, kemudian diparut. Balurkan parutan nanas pada daging dan diamkan selama kurang lebih 30 menit.

Beri Parutan Jahe

Tips ketiga ini, juga membuat daging menjadi empuk. Karena diketahui, setiap ruas jahe mengandung enzim proteolitik alami yang berfungsi mengurangi ikatan protein daging, hal itu membuat daging jadi empuk.

Caranya, cukup lumuri daging dengan jahe yang telah diparut secara merata dan diamkan 30 menit hingga 1 jam sebelum proses pengolahan daging menjadi masakan.

Lumuri dengan Buah Kiwi

Tips ke empat ini mungkin agak susah nyarinya. Karena buah Kiwi tidak semua ada disetiap daerah.

Buah Kiwi selain untuk dikonsumsi, ternyata buah mengandung enzim actinidin yang mampu membuat daging jadi cepat empuk.

Caranya, cukup meremas-remas dan mengoleskan buah kiwi yang sudah hancur ke potongan daging yang akan dimasak.

Rendam dengan Air Teh

Tips yang kelima ini mungkin tips yang paling mudah. Karena teh mudah didapat.

Air teh selain nikmat untuk hidangan minuman di pagi hari dengan sepotong kue, ternyata juga berguna untuk membuat daging jadi empuk. Sebab, kandungan tanin di dalam teh berfungsi sebagai pengempuk alami.

Caranya, buat 1-2 cangkir teh hitam yang pekat, diamkan sampai agak dingin kemudian rendam daging (marinade) dalam air teh selama 30 menit.

Jika untuk daging yang lebih banyak jumlahnya maka diperkirakan juga jumlah rendaman air tehnya.

Dihimpun dari berbagai sumber.

Selamat mencoba....