Biografi Teungku Abu Ibrahim Woyla

 
Biografi Teungku Abu Ibrahim Woyla
Sumber Gambar: Istimewa, Ilustrasi: Dens_art1 laduni.ID

Daftar Isi Biografi Teungku Abu Ibrahim Woyla

  1. Kelahiran
  2. Wafat
  3. Keluarga
  4. Pendidikan
  5. Kisah-Kisah
  6. Karomah
  7. Teladan

Kelahiran

Teungku Ibrahim bin Teungku Sulaiman bin Teungku Husen atau yang kerap dipanggil dengan sapaan Abu Ibrahim Woyla dilahirkan di kampung Pasi Aceh, Kecamatan Woyla, Kabupaten Aceh Barat pada tahun 1919 M.

Wafat

Teungku Abu Ibrahim Woyla wafat pada hari sabtu pukul 16.00 WIB, tanggal 18 Juli 2009 di rumah anaknya di Pasi Aceh, Kecamatan Woyla Induk, Kabupaten Aceh Barat dalam usia 90 tahun.

Teungku Abu Ibrahim Woyla adalah seorang ulama pengembara. Ulama ini dalam masyarakat Aceh lebih dikenal dengan Abu Ibrahim Keramat. Sebab belum pernah terjadi dalam sejarah di Woyla (Aceh Barat), bila seseorang meninggal ribuan orang datang melayat (takziah) kecuali pada waktu wafatnya Teungku Abu Ibrahim Woyla.

Selama hampir 30 hari meninggalnya Teungku Abu Ibrahim Woyla masyarakat Aceh masih berduyun-duyun datang melayat ke kampung Pasi Aceh, Kecamatan Woyla Induk, Aceh Barat sebagai tempat pemakaman Abu Ibrahim Woyla.

Selama 30 hari itu ribuan orang setiap hari tak kunjung henti datang menyampaikan duka cita mendalam atas wafatnya Teungku Abu Ibrahim Woyla, sehingga pihak keluarga menyediakan 400 kotak air gelas dan tiga ekor lembu setiap hari dari sumbangan mantan Gubernur Aceh, Irwandi Yusuf, untuk menjamu tamu yang datang silih berganti ke tempat wafatnya Teungku Abu Ibrahim Woyla.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya