Bingung Mengakhiri Percakapan, Coba Lakukan Cara Sopan Ini

 
Bingung Mengakhiri Percakapan, Coba Lakukan Cara Sopan Ini

LADUNI.ID, Jakarta - Anda mungkin sering mengalami percakapan dengan teman-teman atau kenalan tentang banyak topik percakapan. Tanpa Anda sadari, Anda sering kali merasakan bosan atau tidak ingin melanjutkan percakapan yang menurut Anda tidak penting atau membosankan.

Hal itu wajar. Sebagai manusia, Anda mungkin hanya ingin mengobrol hal-hal yang penting atau yang memberikan manfaat untuk Anda sendiri. Saat Anda merasakan bosan tentang obrolan-obrolan tersebut, tidak bisa dipungkiri kalau Anda ingin secepatnya mengakhiri obrolan itu.

Menurut Jennifer Scott, penulis terlaris New York Times dari Seasons From Madame Chic, meninggalkan percakapan dengan sopan bisa Anda lakukan dengan mengatakan kata kunci, salah satunya misalnya dengan izin "Ingin pergi ke toilet". Selain hal ini, ada beberapa cara sopan supaya Anda bisa mengakhir percakapan dengan lawan bicara Anda.

Seperti dilansir dari laman Medcom.id, ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengakhiri obrolan atau percakapan secara sopan tanpa menyinggung perasaan lawan bicara Anda. Di antara cara-cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Minta langsung ke inti cerita

Ketika Anda ingin mengakhiri percakapan, Anda dapat menggiring perbincangan dengan mengajukan pertanyaan seperti "Lalu bagaimana hasil akhirnya?" Atau "Lalu akhirnya apa yang terjadi?". Hindari perkataan yang menekan lawan bicara Anda, pastikan pertanyaan Anda tidak membuatnya jengkel.

Trik ini akan mempercepat percakapan yang membosankan karena Anda hanya akan mengetahui hasil akhirnya saja. Ini adalah alternatif yang bagus untuk mengatakan pada lawan bicara Anda bahwa mereka membuat Anda bosan.

2. Ajak orang ketiga untuk ngobrol bersama

Dengan mengajak orang ketiga mengobrol bersama, Anda dapat mengatur strategi untuk mengalihkan perbincangan dengan lawan bicara Anda yang membosankan itu. Pilih orang ketiga yang menurut Anda cocok dengan lawan bicara, jika Anda tidak menemukan orang itu, buatlah seolah-olah orang ketiga ini memiliki minat yang sama dengan lawan bicara Anda.

Menurut pakar etiket, Jodi Smith cara paling sederhana untuk meninggalkan seseorang yang memonopoli waktu Anda adalah dengan menarik orang lain ke dalam percakapan. Setelah perbincangan singkat hingga mereka berdua tertarik, Anda bisa meninggalkan mereka berdua.

3. Beri mereka tugas

Jika Anda berbicara dengan seseorang di sebuah pesta, Anda dapat menyarankan sebuah aktivitas kepada lawan percakapan. Anda dapat mencobanya dengan contohnya seperti ini "Hei! Kamu harus pergi cobain makaroni panggang di dapur, rasanya enak banget! Kamu harus cobain deh!"

Metode mengakhiri percakapan seperti ini akan efektif Anda lakukan saat Anda berada di sebuah pesta karna banyak elemen-elemen menarik yang bisa menjadi alasan interaktif Anda.

4. Ucapkan 'permisi'

Salah satu cara ampuh untuk meninggalkan teman Anda tanpa menyakiti hatinya adalah dengan kata "Permisi". Menurut Jennifer Scott, penulis terlaris New York Times dari Seasons From Madame Chic, meninggalkan percakapan dengan sopan bisa Anda lakukan dengan mengatakan kata kunci, salah satunya "Ingin pergi ke toilet". Namun harus dipastikan, Anda benar-benar melakukan apa yang Anda katakan.