Berkat Akhlak, Seseorang Raih Kesuksesan

 
Berkat Akhlak, Seseorang Raih Kesuksesan

LADUNI.id - Sesungguhnya, di antara hal yang agung yang di perintahkan syariat Islam adalah agar seseorang menghias diri dengan adab dan akhlak yang baik. Karena baiknya akhlak seseorang dapat membantunya untuk sukses dan bahagia di dunia dan di akhirat. 

Alangkah besar pengaruh adab dan akhlak terhadap kebahagiaan dunia dan akhirat seseorang, dan alangkah besar pula pengaruh terhadap buruk hidupnya seseorang yang meninggalkan dan menyia-nyiakannya. 

Rasulullah SAW bersabda, Sesungguhnya seorang mukmin bisa meraih derajat orang yang rajin berpuasa dan shalat dengan sebab akhlaknya luhur. (HR Imam Ahmad).

Adapun tentang adab kepada sesama makhluk yang dimaksud berakhlak adalah berinteraksi dengan mereka sesuai dengan kedudukan mereka masing-masing. Setiap tingkatan memiliki cara berinteraksi yang sesuai. Berinteraksi dengan orang tua, ada adab khusus. Berinteraksi dengan ulama, ada adab khusus, dengan teman, kolega dan lain sebagainya. 

Setiap orang ada adab dan akhlak yang mestilah kita harus sesuaikan dengan hak-hak mereka masing-masing. Makan ada adabnya, minum ada adabnya, berkendara, masuk dan keluar ke suatu tempat, ada adabnya. Ketika tidur, ketika di kamar mandi, berbicara, diam, mendengar, semua ada adabnya. 

Adab adalah agama itu sendiri, karena agama Islam yang hanif adalah agama adab yang mulia. Setiap aturan, ada petunjuk dan hikmah yang terkandung di dalamnya. (*)

Sumber : Youtube Fakta Ulama99 (https://youtu.be/0bAyLAp67L0)