Pimpinan ISIS al-Baghdadi Dikuburkan di Laut Oleh AS

 
Pimpinan ISIS al-Baghdadi Dikuburkan di Laut Oleh AS

LADUNI.ID | WASHINGTON -- Jenazah Abu Bakr al-Baghdadi yang terbunuh oleh pasukan penyerbu AS di Suriah pada Sabtu (26/10). telah dikuburkan di laut oleh Amerika Serikat, dengan upacara menurut Islam.

Sebagaimana dilansir media republika 29/10 terkait penguburan pimpinan ISIS di laut dibenarkan oleh pejabat Para pejabat AS yang tidak ingin disebutkan dirinya, mereka meyakini bahwa jenazah Baghdadi sudah dibawa ke laut dengan menggunakan pesawat.

Jenderal Angkatan Darat AS Mark Milley, yang juga adalah kepala staf gabungan, mengatakan dalam konferensi pers di Pentagon (markas besar Departemen Pertahanan AS) bahwa militer AS memakamkan jenazah Baghdadi secara "sopan, menurut (prosedur standar) kita dan berdasarkan hukum menyangkut konflik bersenjata."

Baca Juga: Pemimpin ISIS Dikabarkan Tewas Meledakkan Diri dengan Rompi Bom

Karena Baghdadi tewas dalam kondisi yang mengerikan, kemungkinan militer AS tidak menjalankan proses secara penuh seperti yang dilakukannya setelah pasukan khusus AS Navy SEALs membunuh Osama bin Laden dalam penyerbuan pada 2011 di Pakistan. Saat itu, bin Laden tewas karena luka tembakan di kepalanya, menurut pemerintah AS.

Sementara itu, Milley tidak memberikan keterangan rinci soal upacara yang dilakukan bagi Baghdadi. sebelum dimakamkan, jenazah dibawa ke suatu tempat yang aman untuk kembali dipastikan jati dirinya melalui tes forensik DNA. "Sudah dilakukan dan sudah selesai," kata Milley.

Baghdadi, tokoh garis keras Irak yang tadinya tidak dikenal namun kemudian menyatakan dirinya "kalifah" bagi seluruh umat Islam sebagai pemimpin ISIS tewas setelah ia meledakkan rompi bomnya sendiri. Sebelum itu, Bagdadi sempat lari dan terpojok di sebuah terowongan buntu, yang ditutup oleh pasukan elit Amerika Serikat, menurut pemerintah AS.