Konsultasi Psikologi: Makan Lahap Bagi si Kecil

 
Konsultasi Psikologi: Makan Lahap Bagi si Kecil

Pertanyaan:

Saya mengamati anak kami beberapa hari belakangan ini susah makan nasi. Baru dapat 3 atau  4 suap terus mogok ga mau lagi. Tapi makan buah-buahan dan cemilan mau. Bagaimana caranya agar si anak mau makan nasi lagi ya? Saya khawatir dengan kesehatannya nanti. Oh iya, anak kami mau umur 2 tahun sebentar lagi.

Bunda AA

Jawaban:

Terima kasih atas pertanyaannya Bunda. Masalah makan bagi anak kecil memang sering kita jumpai ya? Seringkali membuat para Bunda kewalahan juga untuk mengatasinya. Tapi bagaimanapun tetap harus diupayakan agar ananda mau kembali makan dengan lahap. Ada beberapa tips yang mungkin bisa dicoba berikut ini:

Pertama, sajikan makanan dalam porsi kecil. Hal ini untuk membuat kesan makanan yang harus dihabiskan si kecil begitu banyak. Dengan porsi yang kecil maka ananda akan bisa cepat menghabiskan, tiap kali sudah habis, bisa ditambah sedikit demi sedikit.

Kedua, berikan penguat secukupnya. Ketika ananda menghabiskan porsi kecil makanannya jangan lupa berikan penguat. Misalnya tepuk tangan, senyuman, ucapan “Anak pintar” disertai jempol dst. Diharapkan ananda akan senang dan bisa mengulangi perilaku makannya tersebut.

Ketiga, ikuti arah ananda. Jangan melarang-larang anak ketika anak misalnya tertarik untuk memainkan makanan. Amati saja dulu, sambil pelan-pelan kita arahkan tanpa kita mengatakan “Jangan”. Dengan tidak dilarang dan diikuti kemauannya, mudah-mudahan ananda mau menuruti orang tuanya yang memintanya untuk makan.

Keempat, perhatikan tekstur, bentuk dan warna makanan. Ananda akan senang dengan makanan yang berwarna warni, berbentuk lucu dan bertekstur menarik. Bisa saja misalnya membentuk makanan dengan mainan yang dia suka misalnya hewan atau mobil-mobilan. Hal itu agar ananda lebih tertarik dengan makanannya.

Kelima, ganti dengan jenis makanan lain. Dalam hal ananda tetap tidak mau makan, jangan terlalu khawatir. Penuhi saja kebutuhan gizinya. Misalnya tidak mau makan nasi, bisa diganti dengan makan roti misalnya. Atau perbanyak susu dan buah-buahan. Dengan demikian gizi anak juga tetap terjaga.

Mungkin itu beberapa tips yang bisa saya bagikan. Semoga ananda kembali mau makan lahap ya, Bun.

 

Salam hormat

Dr. Muhammad Fakhrurrozi, M.Psi,SPsi
(Dosen Universitas Gunadarma - innozzi@yahoo.com)