Pelantikan Ranting NU CBS Jatinegara, PCNU Jaktim Buka Diskusi Tentang Program

 
Pelantikan Ranting NU CBS Jatinegara, PCNU Jaktim Buka Diskusi Tentang Program

PCNU Jaktim pada pengukuhan PRNU CBS Jatinegara, di Mushola al-Abror. (Foto: Kholik)

LADUNI.ID, Jakarta - Usai melantik Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Cipinang Besar Selatan (CBS) Jatinegara, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jakarta Timur (Jaktim) membuka dialog.

Salah satu pengurus Rabithah Ma'ahid Islamiyah PBNU, Muhammad Thohar yang turut hadir pada kesempatan itu mengawali dialog.

Menurut dia, dialog tersebut bertujuan agar PRNU CBS Jatinegara memahami ke NU an dan program PCNU Jaktim.

Ia mengatakan, keinginan PRNU CBS Jatinegara harus diungkapkan, supaya pengurus PCNU Jaktim memahami pengurus Ranting.

"Sampaikan saja, apa yang diinginkan setelah dilantik, agar MWC NU Jatinegara dan PCNU Jaktim mendengarkan," kata dia usai pelantikan PRNU CBS Jatinegara di Musholla Al Abror, Jum'at, (14/2/20) malam.

Sebab dengan mengungkapkan keinginan itu, lanjut dia, awal terjalinnya komunikasi antar pengurus akan terbentuk.

"Mumpung sedang berkumpul pengurus MWC Jatinegara dan PCNU Jaktim," pancing pria yang akrab disapa Gus Thoha dilingkungan Cipinang Besar Utara.

Dorongan Gus Thoha pun mendapat respon positif dari PRNU CBS yang baru dilantik.

Rais Syuriyah PRNU CBS akhirnya mengutarakan harapannya. Ia pun meminta PCNU Jaktim menerjunkan kadernya untuk penguatan paham ahlu sunnah wal jama'ah an Nahdliyah (Aswaja an Nahdliyah) di wilayah CBS.

"Saya meminta, supaya PCNU Jaktim turut hadir pada kesempatan silaturahim yang akan kami bentuk dalam sebuah pertemuan Lailatul Ijtima," kata dia.

Selain itu, lanjut dia, sosialisasikan program-program PCNU Jaktim PRNU CBS. "Supaya kami mengetahui program PCNU dan turut menjalankan," ucap dia.

Gus Thoha yang seolah menjadi pemandu acara tersebut mempersilahkan PCNU Jaktim menjawab permintaan PRNU CBS.

Ketua Tanfidziyah, KH Fatonah mempersilahkan Sekretaris PCNU Jaktim, Syarif Cakhyono, untuk memaparkan program-program Cabang NU Jatim.

"Kita bulan Februari ini insya Allah menggelar Musyawarah Kerja Cabang (Muskercab) NU Jaktim ke-1, disitu akan kita bahas bersama program kolektif organisasi," jawab Syarif.

Salah satu program PCNU Jaktim, lanjut Syarif, adalah penguatan ekonomi umat dan papanisasi Masjid dan Musholla.

"Jadi ranting NU se-Jaktim akan menjadi basis penguatan dalam bidang ekonomi. Ranting NU yang langsung berhubungan dengan masyarakat akan kita latih tentang program kewirausahaan. Begitu pula dengan masjid dan musholla akan kita buatkan papanisasi NU," ungkap dia.

"Terkait program perekonomian, Alhamdulillah sudah berjalan melalui Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU) Jaktim. Adapun terkait kader NU Jaktim yang harus turun ke ranting, itu juga sudah berjalan," imbuh dia, menjelaskan.

"Insya Allah, 14 lembaga PCNU Jaktim yang sudah dibentuk akan membantu PCNU merealisasikan program sesuai bidang-bidangnya disetiap ranting-ranting NU se-Jaktim," beber dia.

Acara dialog yang dipandu Gus Thoha berjalan hangat dan berakhir pada pukul 23.50 WIB. Sebelumnya acara tersebut dimulai setelah pelantikan pada pukul, 20.15 WIB.