Al-Iksir Karya KH Bisri Musthofa: Referensi Ilmu Tafsir yang Terlupakan (?)

 
Al-Iksir Karya KH Bisri Musthofa: Referensi Ilmu Tafsir yang Terlupakan (?)

LADUNI.ID, Jakarta - Kitab "al-Iksir" ini menarik. Selain dikarang oleh ulama, kyai dari Indonesia, juga sebagai referensi Ilmu Tafsir berasal dari kitab otoritatif dalam dunia Ulumul Quran dan Ulumut Tafsir. Pertanyaannya, apakah kitab ini dijadikan sebagai bacaan dan rujukan di PTKI?

Adakah juga kitab ini menjadi koleksi perpustakaan PTKI? Jika belum menjadi sumber primer atau koleksi perpustakaan, pertanyaan lanjutannya, apakah karena dalam bentuk aksara pegon, aksara lokal Jawa, atau karena belum pernah disarankan oleh dosen atau karena alasan lain?

Kitab setebal 87 halaman ini, hemat saya sungguh kaya sekali referensinya dalam melakukan tarjamah gandul atau baris dan penjelasan singkatnya. Makna Gandul ini, tidak dimaknai seperti biasanya, kata muallif, nanging cekap dipun ta'liqi sekedik-kedik (tetapi cukup dita'liq seperlunya).

 Untuk ta'liq inipun diberi penandasan, supaya tidak bosan, keren bukan? Lalu, secara rinci disebutin beberapa keterangan singkat ta'liqnya.  Bagi saya sendiri, menariknya kitab ini, selain karena pernah belajar pada jurusan Tafsir Hadits Ushuluddin IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta sekitar tahun 1991-1998, juga beriringan dengan konsen saya pada naskah kuno karya ulama Nusantara, saat menulis disertasi filologi di UI Depok, sekitar tahun 2011-2016.

Kitab Tarjamah Nadham Ilmu Tafsir ini karya Kyai Bisyri Mustofa Rembang. Diterbitkan pada tanggal 1 Agustus 1960 M./ 8 Shafar Akhir 1380 H. Nadhamnya sendiri karya Syaikh Abd al-Aziz Zamzami. Seperti disebut dalam pengantar kitabnya, beberapa kitab yang dijadikan rujukan adalah Kitab Tafsir dan Al-Itqan fi Ulum al-Qur'an (Syaikh Jalal ad-Din as-Suyuthi), Mahya at-Taysir (Syaikh Muhammad As'ad al-Buqisi), Fath ar-Rahman li Thalib Ayat al-Qur'an (Syaikh Faidl Allah ibn Musa), dst.

Oleh karenanya, apabila benar kitab ini dilupakan dalam deretan referensi segeralah dimasukkan wahai para dosen pengampu ilmu Tafsir. Toh, di era digital ini, kitab al-Iksir ini sudah mudah dijumpai dalam bentuk Pdf. atau lainnya. Mohon maaf, dulu, zaman saya kuliah, maklum yang mengajar sepertinya lebih suka referensi Barat dan Modernis, seperti Introduction To Qur'an (William Montgomery Watt), jadi bisa jadi tidak menganggap kitab ini penting, hehe.

Ala kulli hal, menurut saya, jika kitab al-Iksir ini hanya gegara diterjemahkan dan dita'liqkan oleh seorang kyai Pesantren, lalu tidak dijadikan referensi dalam pembelajaran ilmu Tafsir di PTKI, sungguh tidak akademis sekali argumennya. Sebab, rujukan sang kyaipun kitab-kitab yang juga dijadikan referensi dalam kitab-kitab mereka di PTKI, seperti Mabahits fi Ulum al-Qur'an (Manna' Khalil al-Qaththan), Kitab Mabahits ini pasti mengutip karya Jalal ad-Din as-Suyuthi. Jadi, kitab al-Iksir ini dapat disejajarkan posisinya dengan kitab Mabahits. Dengan menjadikannya kitab ini sebagai referensi di PTKI juga sekaligus menunjukkan bahwa karya Kyai Bishri Mushtafa, ayah dari Kyai Mushtafa Bisyri (Gus Mus) ini tidak kalah dengan karya-karya intelektual dari Mesir atau lainnya. Pun demikikan, karya Ulama Nusantara lainnya, seperti Abd ar-Rauf as-Sinkili dari Aceh.

Wallah a'lam.


(Oleh Dr. Ayus Mahrus EL-Mawa)