Pedoman Shalat bagi Tenaga Medis yang Menggunakan APD

 
Pedoman Shalat bagi Tenaga Medis yang Menggunakan APD
Sumber Gambar: Ilustrasi Shalat Tenaga Medis yang Menggunakan APD (FOto Ist)

Laduni.ID, Jakarta - Tenaga medis merupakan garda terdepan dalam mengani  wabah Corona, lantas bagaimana bagi mereka yang beraga Islam yang menggunakan alat peeindung diri (APD) saat menangani pasien COVID-19, apakah boleh meninggalkan shalat? bagi tenaga medis yang menggunakan APD saat menangani pasien COVID-19 tetap diwajibkan melaksanakan shalat dan diperbolehkan untuk menjamak taqdim atau jamak takhir.

Majelis Ulama Indonesia ( MUI) mengeluarkan fatwa bernomor 17 tahun 2020 tentang pedoman sahalat bagi tenaga medis yang memakai alat pelindung diri (APD) saat menangani pasien COVID-19 yang  oleh ditandatangani oleh Ketua Komisi Fatwa Hasanuddin AF dan Sekretaris Komisi Fatwa Asrorun Ni'am Sholeh pada hari Kamis (26/3/2020)

Berikut 11 ketentuan hukum yang diterbitkan dalam fatwa MUI:

1. Tenaga kesehatan muslim yang bertugas merawat pasien Covid-19 dengan memakai APD tetap wajib melaksanakan shalat fardhu dengan berbagai kondisinya.

Baca Juga; 03111. Tata Cara Shalat Jama’ Taqdim (Maghrib dan Isyak, Dzuhur dan Ashar)

2. Dalam kondisi ketika jam kerjanya sudah selesai atau sebelum mulai kerja ia masih mendapati waktu shalat, maka wajib melaksanakan shalat fardhu sebagaimana mestinya.

3. Dalam kondisi ia bertugas mulai sebelum masuk waktu dzuhur atau maghrib dan berakhir masih berada di waktu shalat ashar atau isya, maka ia boleh melaksanakan shalat dengan jama’ ta’khir.

4. Dalam kondisi ia bertugas mulai saat waktu dzuhur atau maghrib dan diperkirakan tidak dapat melaksanakan shalat ashar atau isya, maka ia boleh melaksanakan shalat dengan jama’ taqdim.

5. Dalam kondisi ketika jam kerjanya berada dalam rentang waktu dua shalat yang bisa dijamak (dzuhur dan ashar serta maghrib dan isya), maka ia boleh melaksanakan shalat dengan jama’.

6. Dalam kondisi ketika jam kerjanya berada dalam rentang waktu shalat dan ia memiliki wudu, maka ia boleh melaksanakan shalat dalam waktu yang ditentukan meski dengan tetap memakai APD yang ada.

Baca Juga: 03112. Tata Cara Shalat Sambil Duduk

7. Dalam kondisi sulit berwudu, maka ia bertayamum kemudian melaksanakan shalat.

8. Dalam kondisi hadas dan tidak mungkin bersuci (wudu atau tayamum), maka ia melaksanakan shalat boleh dalam kondisi tidak suci dan tidak perlu mengulangi (i’adah),

9. Dalam kondisi APD yang dipakai terkena najis, dan tidak memungkinkan untuk dilepas atau disucikan, maka ia melaksanakan shalat boleh dalam kondisi tidak suci dan mengulangi shalat (i’adah) usai bertugas,

Baca Juga: 03112. Petunjuk Lengkap Shalat Sunnah Qabliyah Dzuhur

10. Penanggung jawab bidang kesehatan wajib mengatur shift bagi tenaga kesehatan muslim yang bertugas dengan mempertimbangkan waktu shalat agar dapat menjalankan kewajiban ibadah dan menjaga keselamatan diri,

11. Tenaga kesehatan menjadikan fatwa ini sebagai pedoman untuk melaksanakan shalat dengan tetap memperhatikan aspek keselamatan diri.