Gus Ghofur Maimoen: Gus Baha Sosok Abu Bakar Jaman Ini

 
Gus Ghofur Maimoen: Gus Baha Sosok Abu Bakar Jaman Ini

LADUNI.ID, Jakarta - KH Abdul Ghofur Maimoen menjelaskan bahwa Gus Baha adalah sosok ulama unik jaman ini. Gus Baha ini adalah tipe sosok sahabat Abu Bakar As-Siddiq jaman ini, karena ketika kita memandang Gus Baha maka kita akan langsung ingat akhirat. Gus Baha memang tipe ulama akhirat.

Sosok Abu Bakar ini selalu memandang sesamanya dengan penuh kasih sayang. Ini pula yang dilakukan Gus Baha saat ini. Lihat saja, begitu nikmatnya ngaji bersama Gus Baha. Semua diajak menuju surga, karena setiap muslim punya potensi kebaikan sebagai jalan terbaiknya menuju surga.

Gus Ghofur juga bersykur karena Gus Baha berkenan menjadi Rais Syuriah PBNU. Ini menjadi tanda kebaikan untuk NU, melanjutkan perjuangan Mbah Hasyim Asy’ari, KH Wahid Hasyim dan KH Abdurrahman Wahid. Gus Baha sangat tepat, karena posisinya sebagai Rais Syuriah PBNU.

Gus Ghofur juga menjelaskan sosok Mbah Sholeh Darat Semarang. Ini sosok ulama seperti Imam Ghazali yang mampu menjernihkan semua disiplin agama, mulai syariat, tasawuf dan akidah.

Inilah sosok Imam Ghazali yang menjadi rujukan utama Mbah Sholeh Darat. Karya-karya Mbah Sholeh Darat juga mencerminkan pemikiran dan karya Imam Ghazali.

Dari sinilah, Gus Baha juga lahir dengan pemikiran melanjutkan para ulama terdahulu.

(@albumsantri_id)