Kisah Ajaib Ketika Rasulullah SAW Masih Bayi

 
Kisah Ajaib Ketika Rasulullah SAW Masih Bayi

LADUNI.ID, Jakarta - Tulisan ini adalah kisah ajaib Rasulullah SAW yang menyebabkan Sayyidina Abbas RA masuk Islam. Kisah ini tak lain adalah kisah ajaib saat Rasulullah SAW masih bayi yang menyebabkan Sayyidina Abbas bin Abdul Muthalib (paman Nabi) masuk Islam.

Kisah ini langsung disampaikan Sayyidina Abbas kepada Rasululllah. Kisah ajaib saat bayi ini menunjukkan Nabi Muhammad sudah terlihat sangat nyata tanda-tanda kenabiannya.

Sayyidina Abbas adalah paman Rasulullah yang ikut serta dalam perjuangan Islam. Putranya, Abdullah bin Abbas, menjadi ulama besar yang mendidik generasi sahabat dan tabi’in dalam Islam,

Saat itu, Sayyidina Abbas berkata:

“Ya Rasulullah...?, sesungguhnya yang membuatkan aku masuk ke dalam agamamu adalah disebabkan oleh satu isyarah yang membuktikan ke-Nabi-anmu semasa engkau masih bayi.”

“Aku melihat engkau bermain dengan Sang Bulan. Aku melihat engkau Ya Rasulallah, berisyarah kepada Sang Bulan dengan jarimu dan Sang Bulan pun mengikut pergerakan jarimu, seolah-olah bermain-main denganmu.”

Maka Nabi Muhammad SAW bersabda, “Ketika itu aku berbicara kepadanya (Sang Bulan) dan dia berbicara kepadaku dan dia bergurau-gurau kepadaku agar aku tidak menangis. Aku juga mendengar bunyi sujudnya Sang Bulan di bawah Al-Arsy.” (Hadits ini riwayat Imam Al-Baihaqi, As-Sabuni, Al-Khatib dan Ibnu Assakir)

Demikianlah, tanda-tanda kenabian sudah muncul saat masih bayi. Tanda itulah yang tak bisa diingkari oleh Sayyidina Abbas, sehingga Sayyidina Abbas akhirnya masuk Islam. Kisah ini menjadi pelajaran bagi kita bahwa sosok Rasulullah adalah utusan Allah yang diberikan mukjizat yang luar biasa.

Semoga kita umatnya bisa terus dalam Naungan Hidayah Islam. Aamiiin...

(Source: Kalam Ulama)