Panti Asuhan Sunan Giri Malang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Panti Asuhan Sunan Giri Malang

Profil
Panti asuhan Sunan Giri Malang merupakan lembaga social untuk menampung anak – anak yatim piatu yang berasal dari lingkungan yang berbeda serta tingkah laku yang berbeda. Dalam panti inilah anak-anak yatim piatu diasuh dan dibimbing serta diarahkan untuk menjadi kepribadian yang disiplin, mandiri dan bertanggung jawab.

Panti asuhan Sunan Giri Malang yang terletak di jalan Tlogomas Barat No 49 B Tlogomas Kecamatan Lowokwaru I Kota Malang. Panti asuhan memiliki gedung yang sederhana terdiri dari ruang musholla, ruang tamu, ruang belajar, kamar tidur, kamar mandi, ruang dapur, ruang kantor, dan fasilitas lainnya.

Panti Asuhan Sunan Giri Malang sebagai wadah sosial dalam pengelolaannya untuk mensejahterakan anak – anak duafa, miskin serta tidak mempunyai orang tua lagi. yang di tunjuk sebagai pemimpin Panti Asuhan Sunan Giri Malang adalah Hj. Maslichah Sa,id. Panti Asuhan Sunan Giri Malang Yang berakta notaris dengan nomor: 86- 1986/88-1987/55 – 1992, dan terdaftar pada dinas sosial Kabupaten/ Kotamadya Malang Nomor: 456/II/150 – 52/1987 serta terdaftar pada Kanwil Departemen Sosial TK, I JawaTimur dengan nomor: 54/STP/ORSOS/I/1987 -390/ STPU/ORSOS/XII/1994 yang beralamatkan Gedung Panti Asuhan Sunan Giri Malang di Jln Raya Ngelo 49 b Kelurahan Tlogomas, Kecamatan Lowokwaru Kotamadya Malang dan kini berada di wilayah Kota Malang.

Pelopor berdirinya Panti Asuhan Sunan Giri Malang tersebut adalah KH. Damanhuri, H. Abdul Majid Amin, H. Muhammad Said. Purn, Abdul Goni, Dra. Hj. Maimunah, Hj Fatimah, Damanhuri dan Hj Maslihah Said dan di dukung oleh beberapa tokoh yang ada di sekitar masyarakat, waktu awal berdirinya jumlah anak-anak yatim berjumlah 17 orang dan waktu itu anak – anak tersebut menempati rumah pengurus dari tanggal 2 Oktober tahun 1983 – 1987.

Dan selama pengasuhan anak–anak yatim tersebut, serta untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari – hari di bantu oleh pemerintah dan para dermawan. Hingga sekarang jumlah anak–anak yatim piatu yang berada dalam panti tersebut berjumlah kurang lebih 102 orang.

Berdasarkan hasil pengamatan dan penelitian bahwa jumlah anak–anak yatim piatu yang tinggal di dalam lingkungan panti asuhan mengalami pasang surut setiap tahunnya, karena di sebabkan oleh ada yang baru masuk dan ada juga yang keluar dari panti asuhan karena sudah hidup mandiri dan bekerja atau sudah menyelesaikan sekolahnya.

Kehidupan anak–anak yang di tampung dalam panti asuhan akan mendapatkan berbagai kegiatan yang berguna dan anak–anak tersebut harus mengikuti pola atau program yang harus di patuhi.

Dari program kegiatan yang di susun pihak lembaga ini digunakan untuk mengatur para anak–anak yatim piatu tersebut agar dapat mematuhi aturan yang ada dan hal ini adalah bentuk komunikasi interpersonal yang mengatur kehidupan mereka sehari–hari agar dapat tercipta situasi dan kondisi yang nyaman, aman stabilitas lingkungan anak–anak yatim piatu selama dalam pengasuhan panti Asuhan Sunan Giri Malang.

Visi dan Misi Panti Asuhan Sunan Giri Malang

VISI:

"Terbentuknya manusia yang beriman, bertaqwa, berakhlukkul karimah, berilmu dan berwawasan luas pandangan ke depan, cakap, trampil dan
mandiri, kreatif dan toleransi, bertanggung jawab ke pada masyarakat serta berguna bagi agama bangsa dan negara."

MISI:

  1. Menampung, mengasuh, menyayangi dan mendidik anak yatim piatu seperti anak sendiri.
  2. Menyelenggarakan pelayanan pendidikan agama, umum maupun Pendidikan formal dan non-formal melalui bimbingan dari para pengasuh panti asuhan.
  3. Mengembangkan sikap kemandirian melalui praktek kewirausawan maupun berupa ketrampilan untuk masa depan anak – anak panti asuhan.
  4. Melatih anak – anak panti asuhan menjadi pribadi yang islami dalam kerangka ukhuwah islamiah.

Sejak awal berdirinya panti asuhan Sunan Giri Malang mempunyai tujuan yaitu menampung anak – anak yatim piatu yang tidak lagi mempunyai orang tua agar mereka dapat mengembangkan dirinya, menimbulkan rasa percaya diri dan dapat menerima kasih sayang dan rasa di lindungi oleh pihak pengasuh panti asuhan tersebut karena para pengasuh berperan sebagai pengganti orang tua mereka. Selama berada di dalam panti asuhan para anak–anak yatim piatu tersebut juga dapat menimba ilmu pengetahuan serta meningkatkan keimanan dalam diri mereka, agar mereka dapat menjadi pribadi yang mandiri dan bertanggung jawab. Berdasarkan hal tersebut maka tujuan Panti Asuhan Sunan Giri Malang ini adalah untuk:

a. memelihara, membimbing serta membina anak – anak yatim piatu menjadi generasi yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa.
b. memberikan pendidikan baik secara umum maupun pendidikan agama agar para anak yatim tersebut dapat menjadi anak yang soleh dan solehah.
c. agar dapat meemberikan santunan kepada anak yang membutuhkan untuk meningkatkan kesejahteraan dalam memenuhi kebutuhan hidup mereka
sehari – hari.
 


 

Alamat

Jalan Raya Tlogomas Barat No.49B, Tlogomas, Kec. Lowokwaru, Kota Malang, Jawa Timur

Kode Pos: 65144

Telepon: (0341) 462412