Majelis Taklim wa Maulid Ar Ridwan Malang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
Majelis Taklim wa Maulid Ar Ridwan Malang

Profil

Pada 10 Mei 2010 pertama kali dimulai rutinan Majelis Ta‟lim wa Maulid Ar Ridwan bertempat di Masjid Al Huda Embong Arab Malang. Majelis Ar Ridwan yang memiliki banyak jama‟ah baik dari kalangan orang tua maupun remaja, namun lebih banyak didominasi para remaja.

Dominasi ini berawal dari kecenderungan para pemuda Malang yang tidak terarah serta terlalu mengidolakan salah satu tim kebanggaannya yakni Arema. Habib Jamal ingin para pemuda tersebut beralih untuk lebih mengidolakan Allah dan Rasulullah shallahu ‘alaihi wasalam.

Majelis Ar Ridwan juga terbentuk karena Habib Jamal mengadopsi pengajian rutin yang ada di Hadramaut. Para pemuda malang yang dikenal dengan sebutan Aremania ini merupakan komunitas pecinta sepakbola yang membuat daya tarik Habib Jamal untuk menjadikan mereka sebagai ladang dakwah agar lebih mencintai Allah dan Rasulnya melalui majelis yang diasuhnya.

Sehingga awal penamaan majelis ini diberi nama Arema Bersholawat. Habib Jamal mengajak mereka bergabung di majelisnya berawal dari konvoi secara tertib dari Batu hingga lokasi majelis dengan membawa atribut Aremania.

Dakwah Habib Jamal dalam Majelis Ar Ridwan yakni adanya ilmu yang disampaikan untuk pembenahan akhlak disertai bershalawat kepada Nabi dengan iringan hadroh yang menjadikan dasar sebagai lambang kecintaan dan kerinduan umat kepada Nabi Muhammad shallahu ‘alaihi wasalam.

Sebagaimana yang telah dilakukan oleh umat terdahulu baik dari kalangan sahabat hingga kepada kita umat muslim. Dakwahnya memiliki ciri yang khas dibandingkan dengan da‟i- da‟i yang lain, kebanyakan hanya mengandalkan ceramah saja. Di sisi lain ia tidak mencampuri urusan politik, dan selalu mengajarkan di majelisnya bahwa tujuan utama kita diciptakan adalah untuk beribadah kepada Allah SWT.

Habib Jamal memulai berdakwah setiap senin malam setelah sholat magrib di masjid Al Huda Embong Arab Malang bersama Habib Abdul Qadir dan Habib Ja‟far Usman Al-Jufri. Dengan meminta Habib Baqir Mauladdawilah dan KH Marzuki Mustamar sebagai sesepuh agar majelis tersebut selalu didominasi kaum muda.

Program Kegiatan

1. Kegiatan Rutin Mingguan

Setiap hari Senin malam setelah magrib dan dilanjutkan ke tempat majelis sesuai undangan. Achmad Jamal memberikan kajian hadist Sahih Bukhari Muslim dan membahas kitab Risalatul Jami‟ah karya Habib Ahmad bin Zain bin Alqi Al Habsy. Acara pengajian diawali dengan membaca Maulid atau Sejarah Nabi Muhammad SAW dengan diiringi tabuhan Hadroh.

Kemudian dilanjutkan dengan ceramah agama dengan pembahasan kitab hadits dan Fiqih yang disampaikan oleh Habib Jamal atau Dewan Pengajar Majelis Ar Ridwan. Biasanya Hadits atau kitab yang akan dibahas diperbanyak kemudian dibagikan kepada jamaah. Acara diakhiri dengan dzikir dan doa.

2. Kegiatan Tahunan

Selain acara rutin mingguan yang diadakan Majelis Ar Ridwan, ada majelis rutin tahunan yang biasa disebut dengan Event Akbar atau Tabligh Akbar. Majelis rutin tahunan yang diadakan dalam rangka memperingati hari-hari besar Islam atau pada momen tertentu. Majelis rutin tahunan yang diadakan di berbagai tempat sekitar Malang Raya pada 2012. Acara-acara rutin tahunanya sebagai berikut:

1) Tabligh Akbar Muharram Tabligh Akbar Muharram dilakukan Pada malam hari pukul 20.30 s/d 22.00 WIB di Alun-alun Kota Batu. Tahun Baru Muharram bertepatan dengan kedatangan beberapa habiab dari Tarim untuk safari dakwah ke Indonesia.
2) Maulid Akbar Muhammad Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilakukan pada malam hari pukul 20.30 s/d 22.00 WIB depan kantor Walikota Malang. Maulid Akbar Muhammad ini diadakan setiap 12 Rabiul Awal.
3) Haul Pondok Haul Pondok ini dilakukan pada minggu kedua setiap bulan Rabiul Akhir pada pagi hari mulai pukul 08.00 s/d 12.00 WIB di Pondok Pesantren Anwarut Taufiq. Acara ini diadakan untuk memperingati Haul dari keluarga Habib Jamal.
4) Ziarah Setiap tahun di hari sabtu Achmad Jamal menyelenggarakan kegiatan ziarah ke tempat Guru-guru, Habib-habib, Ulama-ulama besar yang ada disekitar Malang terkadang luar Malang. Tempat ziarah ini bisa berubah-ubah dari tempat satu ke tempat yang lain. Dalam kegiatan ziarah tersebut biasanya dilakukan pada pukul 22.30 WIB menjelang.

 


Pengasuh

Habib Achmad Jamal bin Thoha Ba‟agil

Alamat

Jl. Syarif Al-Qodri No.20, Embong Arab, Kasin, Kec. Klojen, Kota Malang, Jawa Timur