TPQ Nurul Ulum Malang

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
TPQ Nurul Ulum Malang

Profil
Taman Pendidikan Al-Quran (TPA/TPQ) adalah salah satu solusi pencegahan krisis moral yang ada saat ini tentu adanya suatu pendidikan religi untuk menyelamatkan karakter generasi penerus bangsa ini. Sebagai bangsa dengan mayoritas penduduk beragama Islam, maka pendidikan keagamaan dan akhlak dapat dimulai sejak usia dini. Pendidikan religi yang anak usia dini dapat dilakukan secara informal melalui keluarga maupun lingkungan sosial masyarakat. Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA/TPQ) adalah unit pendidikan non-formal jenis keagamaan berbasis komunitas muslim yang menjadikan al-Qur’an sebagai materi utamanya, dan diselenggararakan dalam suasana yang Indah, Bersih, Rapi, Nyaman, dan Menyenangkan sebagai cerminan nilai simbolis dan filosofis dari kata TAMAN yang dipergunakan.

TPA/TPQ Nurul Ulum Malang berdiri sejak tahun 1990 yang berlokasi di komplek Pondok Pesantren Nurul Ulum Malang. Tahun ini TPA/TPQ Nurul Ulum 15 guru dan 161 murid yang terbagi dalam 10 kelas. Waktu belajar santri TPA/TPQ dimulai pada pukul 15:30 – 17:00 WIB.

TPA/TPQ Nurul Ulum berkomitmen mengembangkan dan menyiapkan terbentuknya generasi Qur’ani, yaitu generasi yang memiliki komitmen terhadap al-Qur’an sebagai sumber perilaku, pijakan hidup dan rujukan segala urusannya. Hal ini ditandai dengan kecintaan yang mendalam terhadap al-Qur’an, mampu dan rajin membacanya, terus menerus mempelajari isi kandungannya, dan memiliki kemauan yang kuat untuk mengamalkannya secara kaffah dalam kehidupan sehari-hari.
Pengasuh
Ning Hj. Khulashotul Aini
Kegiatan
1. Tahfidzul Qur'an
2. Madrasah Diniyah
3. Kajian Kitab
4. Belajar tata cara sholat
5. Hafalan Mufrodat Hadits, Bahasa Arab
6. Membaca dan menghafal surat-surat pendek, do'a harian, bacaan salat
7. Pelajaran agama meliputi; Fiqih, Akidah Akhlak, Sejarah Islam.
8. Dapat menulis dan membaca huruf Arab dan latin.
9. Hadrah/Marawis dan salawat.

Alamat
 Jl. Apida Satsui Tubun 17, Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Sukun, Kota Malang, Jawa Timur
Kode Pos: 65149
Telepon           : (0341) 835281