TK Islam Al-Ikhlas Cilandak Jaksel

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
TK Islam Al-Ikhlas Cilandak Jaksel

Profil
Pada tanggal 11 April 1967 Yayasan masjid Al-Ikhlas (YMAI) resmi didirikan. Sejalan dengan berkembangnya daerah Cipete sebagai daerah pemukiman dari tahun ke tahun jamaah Masjid Al-Ikhlas makin bertambah. Berulangkali jamaah berswadaya untuk memperbesar masjid sampai akhirnya mendapat bantuan dari Gubernur DKI dan dilakukan renovasi besar untuk membangun AL-Ikhlas sebagai Masjid Jami’. Peletakan batu pertama dilakukan oleh ulama terkemuka, Prof. Dr. Hamka.

Pada tahun 1979 atas permintaan masyarakat, YMAI memperluas upayanya dalam bidang pendidikan TK Islam Al-Ikhlas. Ibu Hj. Hartini di percaya sebagai Kepala Sekolah dan memimpin upaya pendidikan yang dilangsungkan di lantai bawah Masjid Al-Ikhlas.

Alhamdulilah, kepercayaan masyarakat kepada TK Islam Al-Ikhlas terus meningkat karena jumlah siswa terus bertambah, maka diupayakan pengadaan lokasi belajar baru yang memadai. Setelah beberapa lama menempati bangunan sementara di sisi gedung masjid, pada tahun 1992 dibangunlah komplek TK yang letaknya di Jalan Cipete III No. 14 bersebrangan dengan Masjid Al-Ikhlas. Pada tanggal 25 September 1992 gedung baru TK Islam Al-Ikhlas diresmikan oleh Gubernur DKI.

Tahun 1997- Setelah melakukan uji coba dan evaluasi, TK Islam Al-Ikhlas akhirnya memenuhi permintaan masyarakat dan membuka Kelompok Bermain bagi anak-anak yang berusia 3 tahun. Pada tahun2009- Sebagai sekolah swasta, KB/TK Islam Al- Ikhlas harus melalui akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional. Pada tahun 2009 KB/ TK Islam Al-Ikhlas memperoleh status A yang merupakan status tertinggi dalam proses akreditasi.

Prestasi yang telah diraih oleh Sekolah TK Islam Al- Ikhlas adalah sebagai juara I sekolah sehat tingkat kota pada tahun 2014, Juara I Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi pada tahun 2015 dan sebagai Nominasi Lomba Sekolah Sehat tingkat Nasional pada tahun 2016. Sekarang dibuka kelompok bermain kecil sebagai permintaan dari orang tua murid dan gedung berpindah kembali ke komplek Masjid Al-Ikhlas. Gedung ini berdiri di atas lahan seluas 2041 M/ 821M2, lengkap dengan sarana ruang belajar, ruang UKS , ruang perpustakaan, ruang komputer, ruang kostum, ruang musik, taman sekolah dan halaman tempat bermain.
Visi dan Misi
Visi
Menjadi sekolah Islam yang berkah dan mampu menghasilkan generasi unggulan berakhlakul karimah, berjiwa pemimpin dan cerdas, serta mampu menghadapi tantangan perubahan zaman.
Misi
1. Mengembangkan sumber daya manusia yang mampu melaksanakan kegiatan belajar mengajar yang mengakomodasi kecerdasan majemuk dan mengembangkan kreatifitas dengan metode inovatif
2. Mengembangkan dan menerapkan nilai-nilai Islam dalam membina dan membentuk karakter kepemimpinan siswa
3. Membangun dan memperkuat jejaring sekolah Islam dalam skala Nasional dan Internasional.

Kurikulum
KB/TK Islam Al-Ikhlas memakai kurikulum Diknas yaitu  kurikulum 2013. Kurikulum 2013 merupakan sebuah kurikulum yang mengutamakn pemahaman skill dan pendidikan berkarakter. Siswa paham atas materi yang diajarkan , aktif dalam berdiskusi dan presentasi serta memiliki sopan santun dan disiplin, sikap pengetahuan dan perilaku.

Kurtilas bertujuan untuk mendorong peserta didik atau siswa mampu lebih baik dalam melakukan observasi, bertanya, menalar & mengkomunikasikan (mempresentasikan). Diharapkan siswa memiliki kompetensi sikap, keterampilan & pengetahuan. Mereka akan lebih produktif sehingga nantinya mereka bisa sukses dalam menghadapi berbagai persoalan dn tantangan di zamannya, memasuki masa depan yang lebih baik.

Ekstrakurikuler
Renang, Bahasa Inggris, Menari

Alamat
Jl. Cipete III No. 3 Cilandak Jakarta Selatan
Kode Pos: 12410
Telepon: 021-7657942
Untuk Keterangan lebih lanjut dan pendaftaran silahkan hubungi: https://alix.sch.id/tk-islam/
Email: kbtkalix.cipete@gmail.com