PAUD Pelita Batu Bara

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Lembaga Kirim Pesan ke Pengelola Lembaga
 
PAUD Pelita Batu Bara

Profil
PAUD PELITA didirikan pada tahun 2009 di Pimpin oleh Bapak Suwarno, S.Pd dari tahun 2009 s/d sekarang. Bahwa pendirian PAUD PELITA dalam rangka mendukung pelaksanaan pendidikan serta memberi kesempatan belajar kepada anak usia dini di Desa Tanjung Kubah Kec. Air Putih Khususnya di Kabupaten Batu Bara sesuai dengan Surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Batu Bara Tentang Bukti Pendaftaran Kelembagaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Nomor : 420/1432.2-LS Tanggal 04 Desember 2009. Dan berdasarkan AKTA NOTARIS No. 15 Tanggal 13 Nopember 2009, dengan Pejabat yang Pembuat Akta Notaris YUSNAH KOSIM, SH di Kisaran.
Visi dan Misi
Visi     
Menjadikan Dunia Anak Lebih Indah dan Bermakna.
Misi
1. Melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada anak
2. Memberikan kegiatan pembelajaran yang membebaskan proses berkembangnya potensi anak
3. Melakukan pembimbingan dan pengasuhan yang terbaik agar anak mendapat pembelajaran yang terbaik
4. Melaksanakan kerja sama dengan pihak lain seperti orang tua, lembaga pengasuhan lain agar dunia anak dapat dimiliki anak sepenuhnya
5. Melakukan kampanye kepada masyarakat agar anak usia dini memperoleh pembelajaran dan pengasuhan yang terbaik.

Rencana Pengembangan di Masa Depan
PAUD PELITA memiliki perencanaan pengembangan di masa depan, diantaranya adalah :
1. Menyediakan sarana dan prasarana pendidikan bagi anak usia dini yang lebih memadai
2. Meningkatkan profesionalisme tenaga kependidikan PAUD dengan cara mengadakan pelatihan.
3. Melakukan pendekatan kepada instansi dan atau Dinas yang berkompeten untuk melancarkan program pendidikan yang diselenggarakan.
4. Melakukan kampanye kepada masyarakat akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini.

Tujuan PAUD PELITA Secara Umum adalah:
1. Membantu anak untuk terus belajar sepanjang hayat guna menguasai keterampilan hidup. Pembelajaran bagi anak usia dini bukan berorientasi pada sisi akademis saja melainkan menitikberatkan kepada peletakan dasar ke arah pertumbuhan dan perkembangan fisik, bahasa, intelektual, sosial-emosi serta seluruh kecerdasan (Kecerdasan Jamak). Dengan demikian, dapat mengakomodasi semua aspek pekembangan anak dalam suasana yang menyenangkan dan menimbulkan minat anak.
2. Mengembangkan berbagai potensi anak sejak dini sebagai persiapan untuk hidup dan dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Sedangkan berdasarkan tinjauan aspek didaktis psikologis tujuan pendidikan di Pendidikan Anak Usia Dini yang utama adalah; pertama, menumbuh kembangkan pengetahuan, sikap dan keterampilan agar mampu menolong diri sendiri (self help), yaitu mandiri dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri seperti mampu merawat dan menjaga kondisi fisiknya, mampu mengendalikan emosinya dan mampu membangun hubungan dengan orang lain. Kedua, meletakkan dasar-dasar tentang bagaimana seharusnya belajar (learning how to learn). Hal ini sesuai dengan perkembangan paradigma baru dunia pendidikan melalui empat pilar pendidikan yang dicanangkan oleh UNESCO, yaitu learning to know, learning to do, learning to be dan learning to live together yang dalam implementasinya melalui pendekatan bermain sambil belajar (learning by playing) , belajar yang menyenangkan (joyful learning) serta menumbuh kembangkan keterampilan hidup (life skills) sederhana sedini mungkin.
3. Memberikan pengasuhan dan pembimbingan yang memungkinkan anak usia dini tumbuh dan berkembang sesuai dengan usia dan potensinya.
4. Mengidentifikasi penyimpangan yang mungkin terjadi, sehingga jika terjadi penyimpangan, dapat dilakukan intervensi dini.
5. Menyediakan pengalaman yang beranekaragam dan mengasyikkan bagi anak usia dini, yang memungkinkan mereka mengembangkan potensi dalam berbagai bidang, sehingga siap untuk mengikuti pendidikan pada jenjang sekolah dasar (SD).

Alamat
Gg. Puskesmas Dusun IV Desa Tanjung Kubah Kecamatan Air Putih Kabupaten Batu Bara Provinsi Sumatera Utara