Amalan Kiai Syukri

 
Amalan Kiai Syukri

LADUNI.ID, Jakarta - Kiai Syukri atau yang biasa juga dipanggil dengan Pak Syukri oleh santri-santrinya, beliau mempunyai kebiasaan baik yang jarang dan bahkan tidak diketahui oleh kebanyakan orang, termasuk juga keluarganya.

Setiap pagi setelah shalat subuh berjamaah biasanya Kiai Syukri keluar rumah untuk olahraga, lari pagi di sekitaran pesantren, beliau sering sendirian, tidak ada yang menemani, pernah suatu ketika bu nyai (istri beliau) mau nderek  menemani beliau olahraga, namun Kiai Syukri mboten kerso (tidak berkenan).

Setelah beberapa tahun dan beliau sudah gerah (sakit) baru terungkap, ternyata selama olahraga pagi itulah beliau menyamarkan wiridnya agar tidak diketahui orang, wajar saja kalau beliau ingin sendiri (supaya tidak ada yang mengajak ngobrol).

Wirid yang beliau dawamkan setiap pagi, ketika sambil lari pagi adalah membaca surat al-Fatihah sebanyak 300 x yang beliau tujukan untuk kebaikan dan keberkahan keluarga beliau, keluarga pondok, asatidz dan semua santri.

Subhanallah, sungguh kebaikan luar biasa yang tersembunyi.

Amalan-amalan para kiai memang sangat menarik dan inspiratif, husnudzon saya karena keistiqamahan melanggengkan rutinitas itulah beliau-beliau mendapatkan kemudahan dan keberkahan dalam setiap aktifitasnya.

Cerita ini saya, di dengar dari salah seorang kiai pengasuh pesantren di Banten sekitar satu atau dua tahun yang lalu.

لكياهي شكري زركشی ولجميع مشايخنا الفاتحة......

 

Kholid Ma'mun (Wisata Hotel- Kota Serang, 4 November 2020)