7 Cara Mengatasi Ngantuk di Waktu Pagi

 
7 Cara Mengatasi Ngantuk di Waktu Pagi

LADUNI.ID, Jakarta - Mengantuk di waktu pagi seringkali dirasakan oleh seseorang. Bahkan, tidak jarang orang lebih memilih tidur dari pada menahan kantuknya di pagi hari.

Akan tetapi, jika kita benar-benar ingin tidak mengantuk di waktu pagi, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Beberapa cara tersebut sebagaimana dinukil dari beberapa kitab amal yang kemudian diterangkan ke dalam tujuh hal sebagai berikut.

1. Berwudhu'

Ulama menjelaskan "Ngantuk dan bermalas-malasan" sarana tipuan setan, jika sering mengantuk diwaktu pagi lazimkanlah menahan wudhu'. Seperti diyakini dalam ilmu kedokteran, membasahi wajah dapat menyegarkan sel-sel kulit, maka didalam wudhu' tidak hanya keuntungan kesehatan tapi mendapatkan fadhilah/keutamaan.

2. Lakukan Sholat Sunnah

Tidak dipungkiri, gerakan sholat adalah sangat besar manfaatnya dari segi kesehatan manapun.

3. Membaca Al-Qur'an

Rutinkan setiap hari khususnya setelah sholat shubuh membaca walaupun satu maqra' surah. Jadikan ini amalan rutin untuk di istiqamahkan.

4. Baca Dzikir atau Shalawat

Membaca dzikir dengan jahr jelas (didengar telinga).

5. Riyadhah

Olah raga, orang sholeh terdahulu di antara olahraganya adalah mengucapkan kalimat tahlil "Laa ilaha Illallah" sambil menggerakkan tubuhnya.

6. Memandang Warna Hijau

Memandang warna hijau, baik itu bunga/taman, berkhasiat menguatkan pandangan, selain menyegarkan mata.

7. Wiridan

Ulama sholeh terdahulu adalah orang-orang yang cerdas lagi bijak, mereka bersikeras untuk menjaga matanya dari ngantuk, mereka menjadikan bacaan wirid/hizib sebagai amalan rutinitas. Di antara mereka ada yang merangkum doa-doa ma'tsurat, doa dari Nabi dan doa yang bersumber dari Al-Qur'an untuk diamalkan, seperti wirdul lathif, doa fajar, dan sebagainya.

Semoga dengan ketujuh cara ini, kita dapat melawan atau menahan kantuk kita dipagi hari. Sehingga, jika kita bisa menahan kantuk di pagi hari, maka akan menjadikan pagi kita lebih bermanfaat dibanding menghabiskan waktu pagi untuk tidur.

Semoga artikel ini bermanfaat. Aamiin.