Doa dan Dzikir yang Dianjurkan Dibaca Hari Jumat

 
Doa dan Dzikir yang Dianjurkan Dibaca Hari Jumat

LADUNI.ID, Jakarta - Bagi umat Islam, hari Jumat disebut sebagai hari yang agung. Di mana, segala doa dan amalan serta dzikir sangat dianjurkan dibaca pada hari Jumat. Setidaknya, ada beberapa doa dan dzikir yang dianjurkan diamalkan di hari Jumat.

Pertama, dianjurkan membaca Surat Al Fatihah, Al Ikhlas, Al Falaq dan An-Naas masing-masing sebanyak 7 kali setelah selesai melaksanakan shalat Jum’at dalam keadaan duduk tasyahud akhir.

Di dalam riwayat disebutkan: Barang siapa membaca bacaan tersebut maka diampuni dosanya yang dulu & yg akan datang serta di beri pahala sebanyak orang yang beriman kepada Allah dan Rasulnya.

Di dalam riwayat lain disebutkan: Barang siapa membaca bacaan di atas maka Allah menjaga agama, dunia, keluarga dan anak-anaknya.

Selain itu, juga diriwayatkan oleh Sayyidah Aisyah, Bahwa Nabi Muhammad Shollahu Alaihi Wa Salam bersabda: Barang siapa membaca setelah shalat Jum’at Surat Al Ikhlas, Al Falaq dan An Naas sebanyak 7 kali maka Allah menjaganya dari keburukan sampai Jum’at yang akan datang.

Kedua, Dianjurkan membaca doa:

اللَّهُمَّ يَا غَنِيُّ يَا حَمِيْدُ يَا مُبْدِئُ يَا مُعِيْدُ يَا رَحِيْمُ يَا وَدُوْدُ أَغْنِنِيْ بِحَلَالِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَبِطَاعَتِكَ عَنْ مَعْصِيَتِكَ وَبِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ.

(Doa tersebut di baca 70X sebelum berangkat Jum'at dan pulang nya 7X).

Faedahnya: Barang siapa seseorang melanggengkan doa ini maka Allah akan mencukupinya dan diberi rezeki dari arah yang tidak disangka-sangka.

Ketiga, dari Ibnu Abbas, Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wa Salam bersabda: Barang siapa setelah melaksanakan sholat jum’at berdzikir :

سُبْحَانَ اللّٰهِ الْعَظِيْمِ وَبِحَمْدِهِ

(Dibaca sebanyak 100 kali) maka Allah mengampuni 100.000 dosa yang dia lakukan dan Allah juga mengampuni 24.000 dosa kedua orang tuanya.

Wallahu a'lam, insya Allah bermanfaat. Aamiin.

***

Sumber: Kitab I'anatut Tholibin (إعانة الطالبين), Kitab Bughyah Al Msytarsyidiin 175
Editor: Muhammad Mihrob