Kisah KH. Anwar Mansur yang Dapat Diteladani

 
Kisah KH. Anwar Mansur yang Dapat Diteladani

LADUNI.ID, Jakarta - Sebagai salah satu pengasuh Pesantren Lirboyo, KH. Anwar Mansur sangat perhatian dan telaten kepada santri-santrinya baik putra maupun putri. sering kali KH. Anwar Mansur menasehati para santrinya agar rajin dalam belajar dan tekun dalam beribadah untuk senantiasa mensucikan hati dan pikiran agar ilmu yang sedang di pelajari mudah di terima.

Dalam mendidik santrinya beliau lebih menekankan akhlak. “Santri itu harus mempunyai akhlak yang baik, terpuji dan berbudi luhur karena itu cerminan santri sejati dan seorang santripun harus bisa membaca al-Qur'an, sekarang ini banyak sekali santri lulusan pesantren yang tidak bisa membaca al-Qur'an,” tutur Kiai Anwar Manshur menyayangkan.

KH. Anwar Mansur juga menanamkan dasar aqidah yang kuat dalam rangka membentengi diri dari berbagai macam aliran-aliran Islam yang menyimpang.

Selain itu, dalam hubungannya dengan masyarakat dapat dibilang terjalin baik, KH. Anwar Mansur tak jarang menghadiri acara ketika di undang oleh tetangga ataupun masyarakat sekitar. Karena selain pengasuh pondok juga sebagai tokoh masyarakat yang memang seharusnya menjadi sosok teladan bagi mereka.

KH. Anwar Mansur adalah sosok kiai sepuh yang amanah dalam menjalankan pendidikan di Pondok Pesantren Lirboyo. KH. Anwar Mansur terus berjuang mengembangkan pondok agar bisa bertahan meskipun dengn model pendidikan salafnya. Di mata keluarga, KH. Anwar Mansur adalah seorang teladan bagi anak-anaknya yang istiqomah dalam beribadah dan mengajar.

Beliau juga sangat gemar bersilaturrahmi, karena meniru kebiasaan baik yang sering dilakukan oleh KH. Marzuki dan KH. Mahrus Aly.

Sebagai seorang ayah KH. Anwar Mansur sering berpesan pada putra putri nya untuk mengarahkan pendidikan anak-anaknya itu di pondok pesantren. Jika anak di didik dipesantren pasti memiliki nilai lebih entah dari sisi ahklak dan akhidah dan itu yang terpenting.

Karena melihat realita, situasi dan kondisi lingkungan masyarkat sekarang ini tidak sehat. Maka dari itu, pesantren adalah salah satu tempat pendidikan agama untuk menyelamatkan generasi muda dari pengaruh zaman dan pergaulan bebas yang dapat menghancurkan masa depan anak-anak bangsa.