Sayyidina Usman bin Affan, Al-Qur’an dan Cinta

 
Sayyidina Usman bin Affan, Al-Qur’an dan Cinta

LADUNI.ID, Jakarta - Dari sekian banyak kelebihan Sayyidina Usman, apa yang paling dikenang para sahabat Nabi dan para ahlillah tentang Sayyidina Usman? Jawabanya adalah kecintaannya pada Al-Qur’an dan khidmahnya pada Al-Qur’an.

Ikatan Sayyidina Usman dengan Al-Qur’an itu spesial. Mungkin ikatannya bisa disamakan dengan ikatan Sayidina Ali dengan ruh tasawuf, Sayidina Umar dengan ruh syariat, dan Sayyidina Abu Bakar dengan hakikat muhammadiyah. Beliau lah yang menjadi salah satu penulis mushaf saat wahyu diturunkan, betapa sering Sayyidina Nabi Saw berkata padanya saat wahyu turun "tulislah wahai usaimu (panggilan sayang Nabi Saw padanya)".

Beliau sangat cinta pada Al-Qur’an, maka dari itu hidupnya sehari-hari digunakan untuk berkhidmat pada Al-Qur’an. Sampai hadis yang beliau sampaikan pun dipenuhi Al-Qur’an. Jika kita perhatikan Sayyidina Usman sedikit meriwayatkan hadis, tapi uniknya hadis yang beliau riwayatkan hampir semua berkaitan dengan Al-Qur’an. Salah satu hadis paling terkenal yang diriwayatkan Sayidina Usman adalah "sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya".

Sebagaimana kita ketahui bahwa beliau adalah salah satu penghafal Al-Qur’an yang menghafal Al-Qur’an sampai khatam pada masa hidup Sayidina Rasulullah Saw, tapi beliau tidak mau melewati malam kecuali dengan membaca Al-Qur’an dengan melihat mushaf, dan beliau pernah berkata bahwa beliau sangat tidak bisa jika sehari saja tidak melihat Al-Qur’an.

Karena wirid utama beliau itu ya Al-Qur’an, siang dan malam beliau ya Al-Qur’an, hidup dan mati beliau ya Al-Qur’an. Beliau pernah berkata jika beliau akan sangat malu dengan Allah jika ada malam berlalu tanpa Al-Qur’an. Maka dalam tahajud pun shalat beliau dipenuhi dalam membaca Al-Qur’an.

Saking cintanya beliau pada Al-Qur’an, diceritakan saat beliau ke Makkah beliau shalat di belakang Maqam Ibrahim, dan dalam shalatnya itu beliau mengkhatamkan Al-Qur’an dalam satu rakaat shalat. Tidak ada yang aneh jika itu dilakukan oleh seorang Usman, karena beliau pernah berkata, "seandainya hati kita ini bersih, maka kita akan selalu lapar menginginkan Kalamullah".

Kecintaan beliau pada Al-Qur’an ini diungkapkan melalui lisannya "Allah menghadiahkanku 3 cinta dari dunia ini: memberi makan orang yang kelaparan, memberi pakain orang yang membutuhkan, dan membaca Al-Qur’an". Karena kecintaannya pada Al-Qur'an ini, memberi hadiah besar bagi Sayyidina Usman yang berkaitan dengan Al-Qur’an:

Pertama, karena khidmad beliau seumur hidupnya pada Al-Qur’an, pada masanya pembukuan mushaf sempurna dan hilang lah semua perbedaan. Oleh karena itu mushaf Al-Qur’an kita dinisbatkan pada nama beliau yaitu mushaf imam atau mushaf Usman dan tulisannya pun dinisbatkan pada nama beliau yaitu rasm usmany.

Kedua, karena hidupnya dipenuhi dengan Al-Qur’an dan kecintaan pada Al-Qur’an maka Allah memberi hadiah padanya bahwa akhir nafas beliau juga saat bersama Al-Qur’an, beliau wafat sebagai syahid yang dibunuh dalam keadaan sedang membaca Al-Qur’an. Sehingga darah beliau menetes pada mushaf yang beliau baca, dan darah itu bercampur dengan tinta Al-Qur’an.

Ya! Beliau adalah Sidi Usman Bin Affan menantunya Sidi Rasulullah SAW, di mana saat pernikahan beliau dengan Sayidatuna Ruqayah, Sayidah Khadijah begitu gembira dan berkata, "pengantin yang paling serasi yang pernah dilihat oleh umat manusia, Ruqayyah dan suaminya Usman". Allah Allah ala hazal kalam ya ummah!. Itu tidak terlepas dari nur yang diberikan Allah pada beliau melalui Al-Qur’an.

Nur Al-Qur’an inilah yang membuat Al-Qur’an menyatu dengan akhlaq beliau. Pada suatu hari Sayidina Nabi Saw masuk ke rumah Sayidatuna Ruqayyah, beliau melihat putri beliau sedang mencuci rambut suaminya Usman bin Affan, beliau saw bersabda, "wahai putriku, lakukan yang terbaik pada Aba Abdillah, sesungguhnya dia adalah sahabatku yang akhlaq-nya paling mirip dengan akhlaq-ku" dan apakah akhlaq Nabi Saw itu? Akhlaq beliau adalah Al-Qur’an!

Dengan kecintaan kita kepada Sayidina Usman bin Affan, semoga kita dan keturunan kita dijadikan pelayan dan penghafal Al-Qur’an, hati kita dipenuhi dengan Al-Qur’an, lidah kita dibasahi dengan tilawah Al-Qur’an, anggota tubuh kita beramal dengan ajaran Al-Qur’an, dan darah kita mengalir akhlaq Al-Qur’an.(*)

***

Penulis: Fauzan I
Editor: Muhammad Mihrob