Tidak Perlu Pindah, Ini 5 Cara Jaga Keamanan Data Pribadi di WhatsApp

 
Tidak Perlu Pindah, Ini 5 Cara Jaga Keamanan Data Pribadi di WhatsApp

LADUNI.ID, Jakarta - Beberapa pekan terakhir ini, WhatsApp telah mengalami penurunan pemakai. Hal tersebut disebabkan karena keputusan WhatsApp yang melakukan perubahan pada kebijakan privasi, sehingga para penggunanya ramai-ramai pindah ke platform lain semacam Telegram Cs.

Mereka yang peduli terhadap keamanan data pribadi mereka bahkan memutuskan untuk pindah dan tidak menggunakan layanan chatting WhatsApp lagi. Meski sebagian kalangan menggunakan dua aplikasi chatting sekaligus.

Nah, bagi Sobat Ladunist yang tidak berniat pindah dari aplikasi WhatsApp dan tetap menggunakan aplikasih chatting tersebut, ada kok cara dan tips agar data pribadi tetap aman dan terjaga di WhatsApp. Penasaran caranya?

Berikut ini adalah 5 tips keamanan menggunakan WhatsApp, sebagaimana dikutip Redaksi Laduni.id dari laman CNBC Indonesia pada Senin (8/7/2021).

1. Tidak membagikan informasi penting di WhatsApp

Meskipun WhatsApp memastikan mereka tidak akan membaca pesan pengguna, lebih baik hindari berbagi informasi rahasia di chatting pada aplikasi WhatsApp.

2. Aktifkan verifikasi dua langkah

Pengguna tidak hanya diminta untuk mengisi OTP saat mengatur akun mereka di smartphone baru, tetapi mereka juga akan diminta untuk memasukkan pin enam digit.

Untuk mengaktifkan verifikasi dua langkah ini, klik WhatsApp settings, kemudian klik Account, kemudian aktifkan Two-Step Verification.

3. Gunakan kunci aplikasi bawaan WhatsApp

Pengguna WhatsApp selanjutnya dapat meningkatkan keamanan aplikasi dengan mengaktifkan fitur kunci aplikasi pada aplikasi WhatsApp.

4. Aktifkan kunci WhatsApp Web

Pengguna juga dapat mengaktifkan kunci WhatsApp Web. Bila ini diaktifkan, pengguna akan diminta untuk memverifikasi diri mereka sendiri dengan otentikasi biometric untuk mengatur WhatsApp Web di PC yang baru.

5. Periksa pengaturan privasi

Untuk menggunakan halaman pengaturan “Privasi” atau “Privacy”, pengguna WhatsApp bisa memilih siapa yang dapat melihat gambar profil mereka, status, dan last seen (terakhir dilihat).

Nah, Sobat Ladunist, itulah lima tips agar kamu tetap bisa menggunakan WhatsApp secara aman tanpa khawatir data pribadi bocor kepada pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Semoga 5 tips ini bermanfaat dan bisa diaplikasikan ke WhatsApp kalian ya...(*)

Sumber: CNBC Indonesia

***

Editor: Muhammad Mihrob