SMK Kholiliyah Bangsri Jepara

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
Klaim Pengelola Pesantren Kirim Pesan ke Pengelola Pesantren Daftar Sebagai Alumni
 
SMK Kholiliyah Bangsri Jepara

PROFIL

SMK Kholiliyah berdiri pada tahun 2010 sebagai jenjang lanjutan dari lulusan SMP IT Kholiliyah Bangsri, memberikan peluang bagi siswa yang kurang mampu meneruskan ke jenjang yang lebih tinggi. Karna banyak faktor yang mempengaruhi siswa lulusan tidak dapat meneruskan sekolahnya yang diantaranya yaitu biaya sekolah yang semakin melambung tinggi, jarak sekolah yang jauh dari tempat tinggal, dan kurangnya pemahaman orang tua terhadap pentingnya pendidikan bagi anak.

Dari permasalahan yang timbul tersebut, muncullah pemikiran pengasuh Ponpes Darut Ta’lim yang juga seatap dengan yayasan Kholiliyah untuk mendirikan sekolah yang mengutamakan keahlian, ketrampilan, dan ilmu agama sebagai bekal untuk menghadapi persaingan di dunia luar. SMK Kholiliyah mulai dibangun dengan program kejuruan yang awalnya hanya Administrasi Perkantoran (AP) yang mempersiapkan siswanya pandai dalam mengolah perusahaan dan managemen. Lalu seiring berjalannya waktu, pada awal angkatan ke-4, muncul gagasan baru untuk mendirikan kejuruan baru yaitu Busana Butik (BB) yang bergerak di bidang fashion. Yang berarti kejuruan BB mulai digerakkan setelah adanya lulusan pertama SMK Kholiliyah Bangsri.

SMK Kholiliyah mengalami kemajuan yang pesat dalam bidang pembangunan, pendidikan, kelengkapan sarana dan prasarana, serta keunggulan ekstra maupun intra yang tidak dimiliki sekolah lain yang kini sudah banyak menorehkan catatan prestasi yang gemilang. SMK Kholiliyah melakukan pembangunan gedung sekolah secara kontinu, sehingga kini gedung SMK Kholiliyah sudah memenuhi syarat kelengkapan sekolah. Lalu dalam bidang pendidikan, Kholiliyah tidak hanya mengampu pelajaran kejuruan dan umum, melainkan banyak pelajaran agama seperti tafsir yasin yang setiap kenaikan kelas wajib menyetorkan hafalan surat yasinnya sebagai syarat kenaikan kelas.

Adapula pelajaran tahfidz menghafal Al qur’an beserta ma’nanya dan pelajaran lain seperti tauhid, fiqih salafi dan masih banyak lagi. meskipun SMK Kholiliyah adalah sekolah kejuruan, tapi SMK Kholiliyah memiliki keunggulan dalam bidang keagamaan. Sehingga, materi seimbang untuk dikelola dalam lingkup formal maupun non-formal. Begitu pula dengan adanya internet dan alat modern lainnya yang mampu menunjang keberhasilan pendidikan untuk mencapai tujuan. “Kita memang beridentitas pelajar, tapi kita pelajar ala santri.

Karna ilmu tanpa agama adalah buta, dan agama tanpa ilmu adalah hampa”, tegas bapak kepala sekolah SMK Kholiliyah. Dan sekolah yang bernaung dibawah ma’had pesantren ini menegaskan siswa-siswanya untuk perpenampilan dan berperilaku selayaknya santri, meskipun tidak semua siswa SMK Kholiliyah adalah santri. Karena pengasuh pesantren Darut Ta’lim tak pernah memaksa seseorang yang asalkan mau belajar. Meskipun sekolah ini berbasis umum, tapi cara pergaulan harus dijaga oleh seluruh siwanya, Menjaga moral yang baik sehingga tertanam kepribadian yang baik pula. Kini, seluruh siswa SMK kholiliyah menjadi sekolah kejuruan yang berbasis pesantren. Mengenal ilmu modernitas tanpa melupakan bekal ilmu- ilmu agama. Karna SMK Kholiliyah adalah sekolah santri.

Program Keahlian

1. Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
2. Tata Busana (TB)

BACA JUGA :  Bagaimana Hukumnya Bagian Tubuh Manusia sebagai Bahan Obat-obatan?

FASILITAS

  1. Dekat dengan lingkungan Pondok Pesantren
  2. Kantin, Koperasi Sekolah
  3. Lab Perkantoran, Lab. Tata Busana, Lab Komputer,
  4. Musholla
  5. Free-Wifi
  6. Perpustakaan
  7. Lapangan Voly
  8. Lab Bulutangkis
  9. Ruang kelas representatif


Gedung Sekolah di SMK Kholiliyah


Lab. Komputer di SMK Kholiliyah 

EKSTRAKURIKULER

Kegiatan Ekstrakurikuler

  1. Palang Merah Remaja (PMR)
  2. Pramuka
  3. BTQ/Tahfidz
  4. Rebana
  5. English Club
  6. Jurnalistik Videografi
  7. Pasukan Khusus & Pecinta Alam (PASSPENA)
  8. Olahraga (Futsal & Renang)
  9. Karate
  10. Beauty Class
  11. Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)
  12. Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama/Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama


Pelatihan Menjahit di SMK Kholiliyah 


Pramuka di SMK Kholiliyah 

BACA JUGA:  Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama (STAINU) Madiun

ALAMAT

Kedungleper III, Kedungleper, Bangsri, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah

Kode Pos:  59453

Telepon : 0291-771897

Email  : kholiliyahsmk@gmail.com
             

Data pesantren lebih lengkap per propinsi dan kabupaten/kota dapat dicek di wiki.laduni.id/pesantren
Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni

 
 

Pertanyaan Pengunjung

  • Belum ada pertanyaan untuk lembaga ini.