Bersilaturrahmi di Pesantren Sabilul Muttaqin dan Berziarah di Makam Kiai Sholeh Sindon

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Bersilaturrahmi di Pesantren Sabilul Muttaqin dan Berziarah di Makam Kiai Sholeh Sindon
Sumber Gambar: Foto istimewa

LADUNI.ID, Jakarta - Pondok pesantren Sabilul Muttaqin Sindon, terletak di dusun Sindon Trimulyo, Kecamatan Guntur, Demak. Sedang makam di sebelah pesantren adalah makam KH. Sholeh Sindon, salah satu ulama penyebar agama Islam di Demak tahun 1875. Kedalaman ilmu mbah Sholeh termasyhur, santri-santrinya tersebar di berbagai daerah maupun manca negera. Tercatat Kyai Ishaq, anak sekaligus murid Kiai Sholeh adalah penyebar agama Islam di Singapura dan Malaysia. Makam Kyai Ishaq Ipoh Perak, di Bagan Datoh Perak Malaysia sampai saat ini masih ramai diziarahi.

Baca Juga :  Belajar dari Kearifan Sultan Fatah Memimpin Kasultanan Demak

Lokasi menuju Makam

Sekitar 5 kilometer di belakang terminal Demak, Jawa tengah, terdapat sebuah makam dan bangunan tua mirip rumah panggung. Seluruh bangunan itu terbuat dari kayu jati yang usianya sudah ratusan tahun. Bangunan itu adalah pondok pesantren Sabilul Muttaqin Sindon, terletak di dusun Sindon Trimulyo, Kecamatan Guntur, Demak. Sedang makam di sebelah pesantren adalah makam KH. Sholeh Sindon, salah satu ulama penyebar agama Islam di Demak tahun 1875. Bagi peziarah yang ingin berkunjung bisa melalui jalur darat dengan transportasi mobil atau motor, route yang paling mudah dari jalan lingkar Jogoloyo Demak ke arah selatan melewati pasar prapatan/ Wonosalam terus ke arah timur melewati desa Ploso, Lempuyang Kidul, terus ke arah timur kurang lebih 2 km sampailah di desa Sindon.

Meski begitu, nama Kyai atau mbah Sholeh Sindon dikenal masyarakat Demak dan sekitarnya, bahkan luar kota. Khaul Mbah Sholeh yang diadakan tiap tanggal 15 suro yang dibarengi dengan mujahadah dan Istighotsah selalu ramai baik di wilayah Demak maupun Semarang.

Konon, di makam ini keinginan peziarah mudah terkabulkan. Selain menjalani laku ngalab berkah, makam mbah Sholeh juga dikenal sebagai tempat ziarah para pejabat daerah. Terutama ketika mereka akan mengikuti pemilihan kepala daerah, bupati, lurah, kepala desa atau lainnya. Saat kunjungan peziarah paling banyak pada malam jumat. Khusus malam keramat ini, peziarah membanjir. Mereka ada yang berasal dari Sragen, Purwodadi, Solo, Pati, Semarang dan lainnya.

Peziarah berduyun-duyun berziarah mengingat karomah dan perjuangan Kyai Sholeh dalam menyebarkan agama Islam. Semasa hidupya, Kyai Sholeh dikenal sebagai Kyai yang sering membantu masyarakat kecil. Disamping itu juga, dikenal sebagai tokoh yang berani melawan penjajah Belanda.

Baca Juga :  Kisah Warga Demak yang Berhasil Ciptakan Mesin Pembakar Sampah Tanpa Asap


Makam Mbah KH. Sholeh

Riwayat Singkat

Kyai Sholeh menyebarkan agama Islam dengan tujuan memberantas kebatilan yang dulu pernah merajalela di wilayah Demak. Pada masa itu, kebatilan merebak di sekitar Mranggen dan Demak. Para perampok dan begal berkeliaran tanpa ada yang ditakuti. Aksi kejahatan mereka bertambah parah karena di sekitar wilayah itu banyak bermunculan lokasi pelacuran.

Sejak mbah Sholeh melakukan perjalanan spiritual ke berbagai daerah, lambat laun kejahatan di sekitar Demak dapat dikendalikan. Satu persatu begal yang suka merampok barang bawaan penduduk berhasil dilumpuhkan. Mereka kemudian diwejang supaya kembali ke jalan yang lurus. Mereka diajak menekuni agama di pondok pesantrennya. Melalui pendekatan spiritual seperti itu, banyak penjahat yang berhasil disadarkan. Justru ketika mereka yang telah diberi gemblengan agama ketika kembali ke masyarakat dapat menjadi pendakwah.

“Tidak terhitung penjahat dan pembegal yang disadarkan mbah Sholeh. Beliau benar-benar Kiai yang memiliki ilmu kedigdayaan tinggi,” ungkap Gus Ulin Nuha Azka yang merupakan keturunan ke -3 dari Kyai Sholeh saat di hubungi via WA, Sabtu (3/11).

Berawal dari dari perjuangan gigih mbah Sholeh menyadarkan kebatilan, namanya semakin banyak dikenal masyarakat. Semangat perjuangan yang dikobarkannya membuat penjajah yang hendak menyatroni Demak dibuat kalang kabut. Wilayah Demak selalu aman dan tenteram. Perjalanan hidup Kyai Sholeh Sindon mencerminkan kesederhanaan. Banyak tuntunan yang dipraktekkan sehari-hari seperti tidak pernah tidur di atas kasur dan selalu menyempatkan diri membaca Al Qur’an sebelum tidur.

Kebiasaannya tidak pernah tidur di kasur sudah dimulai sejak mulai tumbuh dewasa, tidak tidur di atas kasur maupun dipan didasari dari falsafah jawa yang mengingatkan kepada semua orang supaya eling dan waspada sekalipun sedang tertidur pulas. Tidur tanpa alas kasur sama artinya dengan orang yang sedang menjalani laku tirakat.

Begitu pula yang dijalani mbah Sholih, dia selalu mengingatkan dirinya sendiri untuk selalu prihatin. Selain tidak tidur di atas kasur, dia juga tidak pernah memakai bantal. “Semasa hidupnya, Kyai Sholeh hanya mengenakan tikar dan bantal dompal yakni batang kayu waru. Kebiasaan itu berlangsung sampai meninggal dunia,” ujar Ulin.

Mbah Sholeh paling senang tidur di pondok. Seluruh bangunan pondok yang terbuat dari kayu menjadi tempat yang nyaman untuk beristirahat. Bahkan bisa seharian di dalam pondok pesantren. Selain sibuk mengajar para santri, juga beristirahat dan tidur di situ. Kyai Sholeh Sindon memiliki hubungan dekat dengan Mbah Ganjur Groto Purwodadi, Mbah Muslim Mranggen, Mbah Nawawi Banten dan Mbah Soleh Darat, Semarang. Ulama-ulama besar pada masanya itu, sama-sama mempunyai misi dakwah , mengajarkan tentang makrifat sebagai tuntunan hidup.

Para santri yang lulus pesantren banyak yang menjadi Kyai dan ulama besar. Kebanyakan mereka tinggal di Jawa Tengah dan di Jawa Barat. Mbah Sholeh Sindon meninggal dalam usia 125 tahun. Atas permintaannya, di makamkan di masjid pondok pesantren Sabilul Muttaqien, dusun Sindon Trimulyo, kecamatan Guntur, Demak. Pesantren itu kemudian diwariskan kepada keturunannya.

Baca Juga :  Universitas Sultan Fatah ( UNISFAT ) Demak

Pengembaraan Ilmu

Perjalanan hidupnya cukup berwarna, Sebelum menetap di Sindon dan mengamalkan ilmunya, Kiai Sholeh sempat Mengembara di Singapura dan Malaysia selama 9 tahun. Kemudian ikut keluarga di Jombang. Di negeri jiran itu. Mbah sholih banyak menimba ilmu dari ulama dan Kiai setempat.

Berkat kekayaan khasanah ilmu mbah Sholeh, banyak santrinya yang berasal dari luar negeri seperti Singapura, Malaysia dan Brunei. Tercatat Kyai Ishaq, anak sekaligus murid Kyai Sholeh adalah penyebar agama Islam di Singapura dan Malaysia. Konon Kiai Ishaq ini memiliki keistimewaan, jika hujan tidak pernah basah dan kehujanan meski di tempat terbuka. Ciri khasnya berbaju hitam, celana hitam dan caping lebar, mempunyai ilmu saifi angin yaitu ilmu yang bisa memperpendek jarak tempuh. Makam Kyai Ishaq Ipoh di Bagan Datoh Perak, Malaysia sampai saat ini masih ramai diziarahi. “Keturunan Kiai Ishaq sampai sekarang masih ada di Malaysia,” papar Ulin.

Pantangan

Di makam keramat mbah Sholeh Sindon, peziarah tidak boleh berbuat sembarangan. Peraturan itu juga berlaku di dalam masjid pesantren Sabilul Muttaqin. Seperti peristiwa yang pernah terjadi, mendadak seseorang yang berada di dalam masjid Sabilul Muttaqin mulutnya mendadak tidak normal, mencong, melenceng ke kiri seperti orang kena stroke. Sebelumnya orang tersebut terlebih dulu mengalami kejang-kejang.

Meski kejangnya hilang dan dapat pulih seperti sedia kala, tapi mulutnya tetap mencong. Kejadian aneh tersebut tidak hanya membuat warga miris tapi juga geli melihat mulut orang yang diperkirakan terkena balak itu. Sehingga ketika di ajak bicara, wajahnya menjadi lucu.

Ternyata diketahui , orang itu telah melanggar larangan yakni sengaja meludah di dalam masjid. Padahal larangan itu sudah berlaku sejak mbah Sholeh masih hidup. Terlebih lagi jika larangan itu dilanggar sewaktu berada di makam mbah Sholeh.

“Siapa saja tidak diperkenankan meludah di dalam masjid pesantren. Sudah banyak yang terbukti, setiap kali meludah dengan sengaja di dalam masjid, mulutnya tiba-tiba “mencong”, ujar KH. Nurhasim, salah satu pengurus pesantren.

Menurutnya, pantangan itu sekedar sebagai peringatan kepada siapa saja agar selalu bersikap sopan dan hormat ketika berada di dalam masjid dan pesantren. Bangunan tersebut merupakan tempat ibadah yang harus dijaga kesuciannya.

Jika mengalami hal aneh itu, penawarnya juga mudah, tidak jauh dari masjid yaitu di sumur masjid. “Jadi untuk menyembuhkan orang yang terkena sawab cukup mandi di sumur. Setelah diguyur air sumur, mulutnya akan normal seperti semula,” tandas Hasim.

Sumur tua yang kini telah ditutup dengan semen itu, konon umurnya sama dengan pesantren. Selain menyembuhkan orang yang kena tulah, Air sumur ini dapat untuk menolak santet atau pengaruh makhluk halus yang jahat. Sekaligus menyembuhkan orang yang kena guna-guna. Sehingga sumur itu selalu dijaga supaya tidak ada sampah yang masuk, Maka bagian atasnya ditutup dengan semen.

Sejak sumur itu dibuat sampai sekarang tidak pernah mengalami kekeringan. Sekalipun musim kemarau panjang, sumber sumur tetap memancar dengan deras. Lokasi di desa Sindon jauh dari laut, berdekatan dengan sungai. Tapi air yang keluar dari dalam sumur rasanya asin.

Baca Juga : Pesantren Futuhiyyah Mranggen Demak

Peninggalan beliau

Masjid ini berada di Desa Sindon Kelurahan Trimulyo kecamatan Guntur Kabupaten Demak. Masjid ini di bangun sekitar tahun 1892 oleh Almaghfurlah KH. Sholeh bin Sulaiman. Masjid sindon ini menjadi salah satu masjid cagar budaya yang ada di Kabupaten Demak selain masjid Agung Demak. Ciri khas masjid Sindon ini empat soko gurunya menggunakan kayu jati ukuran 18san dengan motif ukir bunga sulur-suluran termasuk mimbar dan langit langitnya.semuanya masih asli original, belum ada perubahan ataupun renovasi.


Masjid Sindon masjid unik berbentuk bangunan panggung 

Baca Juga :  Segera Direalisasikan, RSINU Demak Bangun Gedung Senilai 30 Miliar

KUNJUNGI JUGA

 

 

Yuk Ngaji Qur’an yang dilengkapi terjemah dan penjelasan di Laduni