Tips Mengenali Aib Diri Sendiri dari Imam Al Ghazali

 
Tips Mengenali Aib Diri Sendiri dari Imam Al Ghazali
Sumber Gambar: Foto (Ist)

Laduni.ID, Jakarta –  Abu Hamid Ibn Muhammad Ibn Ahmad Al Ghazali, atau populer dikenal dengan Imam Al Ghazali dalam Kitab Ihya Ulumuddin memberikan empat jalan yang harus ditempuh untuk mengenali aib diri sendiri. Barangsiapa hendak mengetahui aib-aibnya, maka dia harus menempuh empat jalan. Pertama, yaitu duduk berguru di hadapan seorang guru (mursyid). Duduk di hadapan seorang guru yang mampu mengetahui keburukan hati dan berbagai bahaya dan kejahatan yang tersembunyi di dalam dirinya.

Kemudian dia memasrahkan dirinya kepada sang guru dan mengikuti petunjuknya dalam bermujahadah membersihkan aib itu. Kedua, mencari seorang teman yang jujur dan mempunyai pandangan batin (bashiroh) yang peka, tajam dan teguh pada ajaran agama. Teman itulah yang mampu menjelaskan kecacatan dan keaiban diri kita dan kita menjadikan teman itu sebagai penasehat dan pendorong untuk berubah.

Ketiga, berusaha mengetahui aib dari kebencian atau ujaran musuh. Dengan begitu, kita dapat mengetahui secara seksama ungkapan keburukan kita. Seseorang yang memiliki mata hati jernih dan mau berazam untuk berubah mampu memetik pelajaran dari berbagai keburukan dirinya yang disebutkan oleh musuhnya. 

Keempat, bersosialisasi dengan masyarakat. Setiap kali melihat perilaku tercela seseorang, maka ia segera menuduh dirinya sendiri juga memiliki sifat tercela itu. Kemudian dia menuntut akan dirinya untuk segera meninggalkan, membenci dan menjauhi keburukan sifat tersebut. Tentu seorang mukmin sejati tidak menjadikan aib seseorang sebagai celaan, umpatan kebencian dan tidak juga membalasnya dengan keburukan lisan maupun tindakan. Sebaliknya, seorang mukmin sejati akan melakukan introspeksi diri dan memperbaiki diri lebih baik lagi. (Editor: Ali Ramadhan)