Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Probolinggo

 
Fasilitas di Lembaga ini :
Nama FasilitasJumlah Nama FasilitasJumlah
MI/SD1 MTS/SMP2
MA/SMA2 Maly/Univ.0
Tahfidz1 Laboratorium1
Poli Kesehatan1 Koperasi1
Pesantren Darul Lughah Wal Karomah Probolinggo

PROFIL

Pada masa pendiri dan pengasuh pertama (KH. Baidowi ) jumlah santri masih sedikit. sehingga bisa dikelola langsung oleh pengasuh. Santri digembleng dengan ilmu agama dan dilatih dengan ilmu beladiri. Pengajian disentralkan di musholla tanpa klasifikasi kemampuan atau umur. Hampir seluruh kegiatan yang berkenaan dengan santri langsung ditangani oleh pengasuh. Beliau mencurahkan seluruh waktu dan tenaga demi untuk perkembangan santri. Metode yang dikenalkan dan ajarkan pada santri adalan metode INSIJAM (usaha terus menerus) sehingga banyak santri yang bisa baca tulis Bahasa Arab dengan cepat.

Pada tanggal 1990 KH. Baidlowi dipanggil oleh Allah SWT. Beliau meninggalkan seorang istri, dua orang anak laki-laki dan lima orang anak perempuan, yaitu Ny. Basyirah, KH. Ali Wafa, Ny. Qomariyah, Ny. Hj. Robi’ah Adawiyah, Ny. Hj. Umi Azizah, K. Abd. Hannan (alm.) dan Ny. Hj. Mamjudah. Berdasarkan musyawarah keluarga, maka ditunjuklah KH. Ali Wafa Badlawi untuk meneruskan perjuangan KH. Baidlowi untuk mengembangkan Pondok Pesantren Darul Lughah Wal Karomah dan mensyiarkan Agama Islam.

KH. Ali Wafa terlahir pada tahun 1942 di Galis Pamekasan Madura. Masa muda beliau dihabiskan di pondok pesantren. Beliau belajar di pesantren Banyuanyar Madura, dilanjutkan ke Pesantren Darul Hadist Malang. Setelah belajar di pesantren Darul Hadist beliau belajar di pesantren Nurul Jadid Paiton Probolinggo, pimpinan KH Zaini Mun’im. Dengan back ground pesantren yang dimiliki, beliau berusaha untuk mengembangkan PP Darul Lughah Wal Karomah. Beliau mengembangkan pesantren dengan melestarikan apa yang digariskan oleh ayahandanya (Bahasa Arab ), dan berinovasi demi kemajuan pesantren seiring dengan kemajuan jaman.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.