Peristiwa 24 Ramadhan, Gempa yang Mengguncang Negeri Syam

 
Peristiwa 24 Ramadhan, Gempa yang Mengguncang Negeri Syam
Sumber Gambar: Foto (ist)

Laduni.ID Jakarta - Salah satu peristiwa yang terjadi pada hari ke 24 bulan Ramadhan adalah gempa yang mengguncang negeri Syam dan mengakibatkan kehancuran infrastruktur pada radius yang cukup luas. Periatiwa tersebut terjadi pada tahun 152 H.

Abu Syaamah berkata di dalam kitab Ar-Raudhatain (1/334), “Pada tanggal 24 Ramadhan Damaskus dilanda gempa yang menggentarkan dan mengejutkan para penduduk. Sebab, jiwa mereka dihantui ketakutan menghadapi rentetan gempa yang menggoncang negeri Syam.

Sebelumnya gempa telah mulai menggetarkan negeri Syam pada bulan Shafar, lalu kembali datang pada bulan Jumadil Ula, kemudian bulan Jumadil Akhir dan Rajab, selanjutnya bulan Ramadhan. Pada malam kedua puluh empat bulan Ramadhan ini gempa yang melanda sangat menakutkan.”

Abu Syaamah melanjutkan, “Kemudian datang berita dari Halab (Aleppo) bahwa gempa juga melanda dengan sangat hebat, merobohkan rumah dan bangunan dalam jumlah yang sangat banyak. Gempa di Hamah lebih dahsyat dari daerah-daerah lain.

Ia menghancurkan bangunan untuk para pengungsi yg telah dibangun sebelumnya. Gempa itu berlanjut hingga beberapa hari, setiap harinya ada getaran hebat, diikuti suara keras menyaingi kerasnya suara petir yang sangat mengejutkan. Maha Suci Dia yang memiliki hukum dan perintah.

Gempa itu terus berlanjut dan berulang pada bulan Syawwal dan Dzulqa’dah. Menewaskan banyak umat manusia. Wallahu a’lam


Sumber: Dinukil dari berbagai sumber