Kisah Mbah Jamil Pemalang Yang Dapat Salam Dari Rasulullah

 
Kisah Mbah Jamil Pemalang Yang Dapat Salam Dari Rasulullah
Sumber Gambar: Facebook Agung

Laduni.ID, Jakarta - Mbah Jamil Pemalang (waktu itu usianya sudah di atas 70 tahun). Dikatakan bahwa beliau ini adalah seorang Wali.

Pada hari Selasa ketiga setiap bulan beliau selalu membahas Kitab Ihya Ulumuddin, Imam Ghazali. Yang hadir kiai-kiai sepuh di sekitar Pemalang. Sudah 25 tahun acara ini diselenggarakan. Pada suatu Selasa, Syekh Mustafa hadir dalam acara itu.

Rumahnya dinding anyaman bambu berlantai tanah. Beliau duduk di balai-balai bambu, hadirin duduk di tanah beralas tikar. Sebelum duduk, Syekh Mustafa maju dan bersalaman dengan beliau. Ketika mau mengambil tempat di lantai, beliau menggapai dan meminta Syekh Mustafa, untuk duduk di samping kanan beliau.

Maka dimulailah pengajian itu dengan hadirin diminta oleh beliau membaca Kitab yang dibahas itu. Diurut barisan pertama yang duduk di lantai, mulai dari sebelah kanan beliau.

Ada kisah menarik tentang Mbah Jamil. Seorang Habib yang tinggal di Jakarta, suatu malam bermimpi didatangi Nabi s.a.w. hanya untuk mengatakan beliau mengirim salam untuk Kiai Jamil.

Mimpi itu bukan hanya sekali, tetapi tiga kali berturut-turut. Waktu mimpi sekali atau dua kali, beliau masih bertanya-tanya saja dalam hati siapa Kiai Jamil ini. Tetapi setelah tiga kali, beliaupun takut sekali dan bertekad mencari dan menemui Kiai Jamil. Tentunya yang dikirimi salam oleh Nabi s.a.w. bukanlah orang biasa, tetapi nama Jamil tidaklah tersohor.

Maka beliau memutuskan untuk menelusuri Pantura, yang terkenal banyak dihuni para wali. Beliau mengendarai sendiri mobilnya. Dan mobil inilah yang menuntun sehingga beliau bisa sampai ke rumah Mbah Jamil.

Setiap kali beliau mengarahkan atau berniat belok ke arah yang akan menjauhkannya dari tujuan, mobil itu pasti mogok. Setelah bertemu mereka berangkulan dan menangis bahagia, sang Habib menangis karena berhasil menyampaikan amanah dari leluhurnya Nabi s.a.w. itu, dan Mbah Jamil menangis bahagia karena mendapat salam orang yang paling dicintainya.

 

Sumber: https://www.facebook.com/photo?fbid=497845941246702&set=g.1068514559936172

Kisah yang disampaikan Syekh Mustafa Mas’ud