Buku tentang NU yang Diterbitkan di Kairo

 
Buku tentang NU yang Diterbitkan di Kairo
Sumber Gambar: pameran buku internasional di Kairo (foto ist)

Laduni.ID Kairo - Pada tahun 2019 lalu, ada seorang peneliti dari Mesir yang datang ke Indonesia. Beliau adalah Dr. Musthafa Zahran. Pada lawatannya itu, beliau sempat menghadiri Munas dan Konbes NU di Kota Banjar, Jawa Barat. Kalau tidak salah ingat, beliau juga berkesempatan berbicara pada salah satu forum di acara tersebut.

Baca Juga: Syekh Muhammad Ali as Shabuni, Mufassir dengan 10 Karya Tafsir

Di awal Juli 2021 ini, pameran buku internasional di Kairo kembali digelar. Meski dilaksanakan dengan perubahan jadwal dan protokol kesehatan yang ketat, hal tersebut tak membuat momen pameran terbesar setanah Arab ini kehilangan daya magnetnya. Para penulis dari berbagai bidang keilmuan dan dari berbagai negara berbondong-bondong memamerkan karya terbaru mereka. Tak terkecuali Dr. Musthafa.

Dr. Musthafa, peneliti yang terkenal menekuni tema-tema gerakan keislaman itu, meluncurkan dua karya terbarunya sekaligus: Zaman al-Jaihah; Shu'ud wa Hubuth al-Islamiyyîn dan Afrika; ash-Shu'ud al-Jihadi. Sebagaimana terlihat dari judulnya, pada buku yang kedua, nampak Dr. Musthafa fokus menulis mengenai gerakan jihad beserta perkembangannya di Afrika. Sementara itu, pada buku Zaman al-Jaihah, Dr. Musthafa mengulas gerakan-gerakan keislaman yang berkembang di berbagai penjuru dunia, termasuk NU dan Muhammadiyah.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN