Mengenal Lebih Dekat Nabi Muhammad SAW (Bagian 3)

 
Mengenal Lebih Dekat Nabi Muhammad SAW (Bagian 3)
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – Al-Imam Qadiy 'Iyad berkata dalam kitabnya As-Syifa', "Berkata Wahab bin Munabbih, “Aku telah membaca sebanyak 71 buku, dan kutemukan di semua buku tersebut bahwa Nabi Muhammad adalah sebaik-baik pribadi yang memiliki pendapat dan dan juga pemikiran.’”

Dalam riwayat lain disebutkan, "Telah kutemukan dalam buku tersebut, bahwa Allah SWT belum pernah menganugerahkan kepada hamba-Nya dari permulaan dunia hingga akhirnya seperti akal yang telah dikaruniakan kepada Rasulullah SAW ibarat butir pasir dari segala pasir yang berada di dunia.”

Al-Imam Al-Qustulaniy berkata dalam buku Al-Mawahib dinukil dari buku Awariful Ma'arif, "Akal dan pikiran memiliki 100 bagian, 99 ada pada Nabi Muhammad SAW dan 1 ada pada seluruh orang beriman.”

Akhlaq Rasulullah SAW adalah Al-Qur'an. Al-Imam Al-Ghazali berkata dalam karyanya Ihya' Ulumiddin, "Berkata Sa'ad bin Hisyam, aku bertemu dengan Sayyidah Aisyah r.a. dan bertanya tentang Ahklaq Rasulullah SAW. Beliau bertanya padaku ‘Tidakah kau membaca Al-Qur'an?’ Aku menjawab, ‘Ya.’ Beliau pun memberi tahu tentang Ahklaq Rasulullah, dan berkata, ‘Akhlaq beliau adalah Al-Qur'an.’"

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN