H. Muhammad Amin Badali, Anak Pertama Guru Sekumpul yang Sering Didatangi Rasulullah

 
H. Muhammad Amin Badali, Anak Pertama Guru Sekumpul yang Sering Didatangi Rasulullah
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID (ist)

Laduni.ID, Jakarta – KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani (Guru Sekumpul) merupakan salah satu wali Qutb yang bertinggal di tanah Borneo. Sepeninggalnya tahun 2005, kedua putera beliau saat ini melanjutkan perjuangan sang ayah, salah satunya adalah H. Muhammad Amin Badali, anak pertama Guru Sekumpul.

Guru Sekumpul menaruh harapan besar pada anak pertamanya dengan memberikan nama Muhammad Amin Badali. Nama Muhammad Amin diberikan untuk mengambil keberkahan dari guru beliau, sedangkan nama Badali diharapkan menjadi sosok Wali Abdal.

Guru Sekumpul pernah menjelaskan tentang wali Abdal, diantar tanda adanya wali Abdal ialah tidak pemarah, pemurah, dan memiliki kasih sayang yang luar biasa besar kepada umat dan makhluk. Beliau juga melanjutkan, dengan sebab adanya wali Abdal di suatu kampung, maka kampung itu akan turun hujan. Dengan sebab adanya wali Abdal disuatu kampung, maka kampung tersebut akan makmur, baik itu ilmunya, ibadahnya, dan rezekinya.

Sejak di dalam kandungan ibunya, anak pertama Guru Sekumpul ini telah di datangi oleh orang-orang shaleh. Saat usia kandungan enam bulan, Guru Sekumpul selalu didatangi oleh Rasulullah SAW yang menyampaikan bahwa anak yang di dalam kandungan sang istri akan menjadi anak yang berbakti kepada orangtua dan menjadi anak yang shaleh.

Satu bulan kemudian, di usia kandungan tujuh bulan Guru Sekumpul juga didatangi oleh Datu Kalampayan (Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari). Di usia empat tahun, Allah telah membuka hijabnya sehingga ia dapat melihat seluruh alam, hal tersebut disampaikan oleh KH. Ahmad Hudari atau akrab dipanggil Guru Hudari Martapura.

Di usia lima tahun, H. Muhammad Amin Badali sering didatangi oleh Rasulullah SAW. Guru Syarwani kastan pernah berkata bahwa H. Muhammad Amin merupakan khalifah yang menuras ayahnya kelak. KH. Abdul Syukur atau Guru Syukur mengatakan bahwa Muhammad Amin sering didatangi oleh cucu Rasulullah, Sayyidina Hasan dan Sayyidina Husein sewaktu masih kecil.

Saat ini H. Muhammad Amin Badali telah berusia 26 tahun, dan semoga kedua putera KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani dipanjangkan umur dan disehatkan badannya, agar bisa menuntun dan membimbing umat.

Semoga kisah ini dapat menambah rasa cinta kita kepada H. Muhammad amin Badali, sebagaimana kita mencintai sang ayah, KH. Muhammad Zaini Abdul Ghani.


Editor: Daniel Simatupang