Khutbah Jumat: Profesionalitas Nabi-Nabi dalam Pekerjaan

 
Khutbah Jumat: Profesionalitas Nabi-Nabi dalam Pekerjaan
Sumber Gambar: Foto Ist

KHUTBAH 1

اَلْحَمْدُ لِلَّهِ اَلْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِيْ لَهُ الْحَمْدُ كُلُّهُ وَ لَهُ الْمُلْكُ كُلُّهُ وَ بِيَدِهِ الْخَيْرُ كُلُّهُ وَ إِلَيْهِ يَرْجِعُ الْأَمْرُ كُلُّهُ وَأَشْهَدُ أَنْ لَاإِلَهَ إِلَّا اللهُ وَحْدَهُ لَاشَرِيْكَ لَهُ فِيْ ذَاتِهِ وَ أَسْمَائِهِ وَصِفَاتِهِ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ أَفْضَلُ مَخْلُوْقَاتِهِ أَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَ بَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَ عَلَى أَلِهِ وَ أَصْحَابِهِ الْمُقْتَدِيْنَ بِهِ فِيْ كُلِّ حَالَاتِهِ. أما بعد فَيَا عِبَادَاللهِ أُوْصِيْكُمْ وَنَفْسِيْ بِتَقْوَى اللهِ وَتَزَوَّدُوْا فَإِنَّ خَيْرَالزَّادِ التَّقْوَى فَقَالَ اللهُ عَزَّ مِنْ قَائِلٍ : لَقَدْ جَاءَكُمْ رَسُولٌ مِنْ أَنْفُسِكُمْ عَزِيزٌ عَلَيْهِ مَا عَنِتُّمْ حَرِيصٌ عَلَيْكُمْ بِالْمُؤْمِنِينَ رَءُوفٌ رَحِيمٌ

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Marilah kita memanjatkan Puja dan Puji Syukur kehadirat Allah SWT dengan nikmatnya dan hidayahnya kita dapat berkumpul disini menunaikan solat berjamah

Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad Shalallahu ‘alaihi wasallam yang telah menyampaikan Agama yang sempurna kepada umat manusia. Semoga kita termasuk kedalam golongan orang-orang selalu berpegang teguh dengan sunnah Beliau hingga ajal menjemput kita.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Orientasi kerja terkadang adalah mendapatkan uang. Paradigma tersebut akan berdampak pada money oriented dan cinta kepada dunia yang berlebihan. Sehingga hal tersebut akan menafikan profesionalitas yang dimiliki seseorang. Nabi Muhammad bersabda, “Sesungguhnya Allah mencintai seorang mukmin yang menjaga profesionalitasnya.” Hadis tersebut memberi isyarat bahwa menjaga profesionalitas akan berimplikasi pada keimanan seseorang.

Tentu dalam menjaga profesionalitas seseorang yang beriman berbeda dengan orang awam. Profesionalitas seseorang mukmin yaitu bisa menjaga diri dari hal-hal yang diharamkan oleh Allah dalam pekerjaannya. Misalnya, korupsi di dalam pekerjaan merupakan tindakan yang tidak profesional. Karena perbuatan tersebut akan merugikan orang lain, institusi, bahkan merugikan diri sendiri.

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Nabi Muhammad bersabda, “Allah Swt memperkenalkan kepada Nabi Adam A.S seribu profesi dari profesi yang ada di bumi. Lalu Allah berkata kepadanya (Adam AS): “Katakanlah kepada anakmu dan keturunanmu, “Jika kalian tidak bersabar …… maka hendaklah kalian mencari dunia dengan salah satu profesi ini, dan janganlah kalian mencarinya melalui agama, karena sesungguhnya agama milikku itu satu yang murni. Celakalah bagi siapa yang mencari dunia dengan agama, dan celakalah padanya.”

Hadis itu tersurat bahwa seseorang mencari pekerjaan melalui menjual ayat-ayat Al-Quran atau hadis nabi Muhammad Saw merupakan jalan yang salah. Karena di dalam berdakwah harus Lillahi ta’ala. Karena tugas para da’i yaitu menyampaikan kebenaran dan meluruskan perspektif yang salah di dalam lingkungan sosial. Sehingga secara tersirat bahwa da’i bukanlah profesi untuk mencari keuntungan akan tetapi ia adalah penuntun umat ke arah yang lebih baik.

Sesungguhnya setiap seseorang dari nabi-nabi yang Allah utus ke muka bumi memiliki profesi untuk menghidupi keluarganya. Nabi Adam AS adalah seorang yang berladang dan bertenun, Siti Hawa yaitu adalah seorang pemintal benang, Nabi Idris yaitu seorang penjahit dan arsitek, Nabi Nuh dan Nabi Zakariya yaitu seorang tukang kayu, nabi Hud dan Nabi Solih yaitu seorang pedagang, Nabi Ibrahim adalah seorang yang berladang, dan tukang kayu, Nabi Ayyub adalah Seorang yang berladang, Nabi Daud adalah seorang pandai besi, Nabi Sulaiman adalah seorang pembuat baju besi, Nabi Musa, Nabi Syuaib, dan Nabi Muhammad dan beserta seluruh Nabi-Nabi ialah penggembala kambing. (HR. Abdullah bin Abbas)

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Imam al-Hubaisyi berkata, “Asal mula pekerjaan ada tiga jenis yaitu bercocok tanam, mengenyam (wiraswasta), dan berdagang.” Pekerjaan-pekerjaan yang disebutkan oleh Imam al-Hubaisyi merupakan pekerjaan yang kecil kemungkinan tercampur baik syubhat maupun haram. Pada akhirnya hasil darinya akan memperoleh keberkahan dan kemaslahatan baik bagi diri sendiri maupun orang yang dinafkahinya.

Ada perbedaan di kalangan ulama tentang pekerjaan yang baik. Sebagian ulama mengatakan bahwa mengenyam (wiraswasta) merupakan pekerjaan yang baik. Banyak Ulama mengatakan pekerjaan yang baik adalah berdagang. Adapun ulama yang lain mengatakan bahwa berladang atau bertani itu lebih baik. Masing-masing pendapat tersebut mempunyai dalil sehingga tidak saling menyalahkan. (Dari Kitab al-Hawi al-Kabir halaman 179)

Namun Imam al-Mawardi mengungkapkan bahwa berladang itu lebih baik, karena bahwasannya berladang akan menghasilkan tawakal yang lebih dekat, dan Allah cinta kepada orang-orang yang bertawakal. Pernyataan tersebut memberi satu isyarat bahwa pekerjaan berladang, pekerjaan yang membutuhkan sabar, ikhlas, dan syukur. Sabar ketika menanamkan benih-benih di dalam tanah yang lapang. Ikhlas, ketika hasilnya belum memuaskan. Bersyukur, ketika hasil panen itu tiba.

Rasulullah bersabda, “Tidaklah seorang hamba memakan makanan lebih baik melainkan ia makan dari jerih payah tangannya sendiri. Sungguh Nabi Daud AS memakan makanan dari hasil pekerjaan tangannya sendiri.”

Ma’asyiral muslimin rahimakumullah

Demikianlah khotbah singkat kali ini, semoga hal ini dapat menjadi bahan renungan yang mendalam, bagi kita semua amin.

بارَكَ اللهُ لِي ولَكُمْ فِي الْقُرْءانِ الْعَظِيمِ  ونَفَعَنِي وإِيَّاكُمْ مِنَ الْآياتِ  وَالذِّكْرِ الْحَكِيمِ أَقُلُ قَوْلِي  هذا وَأَسْتَغفِرُ اللهَ لِيْ ولَكُمْ ولِجَمِيعِ الْمٌسلِمِين فاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّه تعالى جَوادٌ كَرِيمٌ مَلِكُ بَرٌّ رَءُوْفٌ رَحِيمٌ.

KHUTBAH 2

سَيِّدُ الْإِنْسِ والْبَشَرِ.اللَّهمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ على سيِّدِنا على عَبْدِكَ  ورَسُولِك محمَّدٍ وآلِه وصَحْبِه مَااتَّصَلَتْ عَينٌ بِنَظَرٍ وأُذُنٌ بِخَبَرٍ. ( أمّا بعدُ ) فيَآايُّهاالنّاسُ اتَّقُوا اللهَ تعالى وَذَرُوا الْفَواحِشَ ما ظهَرَ مِنْها وما بَطَنَ وحافَظُوا على الطَّاعَةِ وَحُضُورِ الْجُمُعَةِ والجَماعَةِ . وَاعْلَمُوا  أَنَّ اللهَ أَمَرَكُمْ بِأَمْرٍ بَدَأَ  فِيه بِنَفْسِهِ وَثَنَّى بِمَلائكةِ قُدْسِهِ. فَقالَ تعالى ولَمْ يَزَلْ قائِلاً عَلِيمًا: إِنَّ اللهَ وَملائكتَهُ يُصَلُّونَ على النَّبِيِّ يَآ أَيّها الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وسَلِّمُوا تَسْلِيْمًا اللَّهمَّ صَلِّ وسَلِّمْ على سيِّدِنا محمَّدٍ وعلى آلِ سيِدِنَا محمَّدٍ  كَما صَلَّيْتَ على سيِّدِنا إِبراهِيمَ وعلى آلِ سيِّدِنَا إِبراهِيمَ في الْعالَمِينَ إِنَّكَ حَمِيدٌ مَجِيدٌ. اللَّهمَّ وَارْضَ عَنِ الْخُلَفَاء الرّاشِدِينَ الَّذينَ قَضَوْا بِالْحَقِّ وَكانُوا بِهِ يَعْدِلُونَ أَبي بَكْرٍ وعُمرَ وعُثْمانَ وعلِيٍّ وَعَنِ السَتَّةِ الْمُتَمِّمِينَ لِلْعَشْرَةِ الْكِرامِ وعَنْ سائِرِ أَصْحابِ نَبِيِّكَ أَجْمَعينَ وَعَنِ التَّابِعِينَ وتَابِعِي التَّابِعِينَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسانٍ إِلَى يَومِ الدِّينِ. اللَّهمَّ لا تَجْعَلْ لِأَحَدٍ مِنْهُمْ فِي عُنُقِنَا ظَلَامَة ونَجِّنَا بِحُبِّهِمْ مِنْ أَهْوالِ يَومِ الْقِيامَةِ. اللَّهمَّ أَعِزَّ الْإِسْلَامَ والمُسلمينَ وأَهْلِكِ الْكَفَرَةَ والمُشْركِينَ. ودَمِّرْ أَعْداءَ الدِّينِ. اللَّهمَّ آمِنَّا فِي دُوْرِنا وأَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُورِنا. وَاجْعَلِ اللَّهمَّ وِلَايَتَنا فِيمَنْ خافَكَ وَاتَّقَاكَ  اللَّهمَّ آمِنَّا فِي دُوْرِنا وأَصْلِحْ وُلَاةَ أُمُورِنا. وَاجْعَلِ اللَّهمَّ وِلَايَتَنا فِيمَنْ خافَكَ وَاتَّقَاكَ

DOA KHUTBAH

اللَّهمَّ اغْفِرْ لِلمُسلِمينَ والمُسلماتِ والمُؤْمنينَ والمُؤْمِناتِ الْأَحْياءِ مِنْهُمْ والْأَمْواتِ بِرَحْمَتِكَ يَا وَاهِبَ الْعَطِيَّاتِ. اللَّهمَّ ادْفَعْ عَنَّا الْبَلَاءَ والوَباءَ والزِّنا والزَّلَازِلَ وَالمِحَنَ وَسُوءَ الفِتَنِ ما ظَهَرَ مِنْها وما بَطَنَ عَنْ بَلَدِنا هَذا خاصَّةً وعَنْ سائِرِ بِلَادِ الْمُسلمينَ عامَّةً يا رَبَّ الْعَالَمِينَ.رَبَّنا آتِنا في الدّنيا حَسَنَةً وَفي الآخرة حَسَنَةً  وقِنَا عَذَابَ النَّارِ. عِبادَ اللهِ ! إِنَّ اللهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ والْإِحْسان وإِيتاءَ ذِي الْقُرْبَى  ويَنْهَى عَنِ الْفَحْشاءِ والْمُنْكَرِوَالْبَغْيِ يَعِظُكُمْ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُوْنَ. فَاذْكُرُوا اللهَ العَظِيْمَ يَذْكُرْكُمْ وَاشْكُرُوهُ على نِعَمِهِ يَزِدْكُمْ وَاسْئَلُوهُ مِنْ فَضْلِهِ يُعْطِكُمْ وَلَذِكْرُ اللهِ عَزَّ وَجَلَّ أَكْبَرُ.

_________________________
Oleh:  Sayyid Muhammad Yusuf Aidid, S.Pd, M.Si
Dosen Agama Islam Universitas Indonesia dan PNJ