Ziarah di Makam Syekh Ikhsan Jampes, Sosok Al-Ghazali dari Timur

 
Ziarah di Makam Syekh Ikhsan Jampes, Sosok Al-Ghazali dari Timur
Sumber Gambar: Worldorgs.com

 Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syekh Muhammad Ihsan bin Muhammad Dahlan Al-Jampesi Al-Kadiri Al-Jawi Asy-Syafi'i atau akrab dikenal dengan Syekh Ihsan Jampes merupakan seorang ulama besar pada zamannya.

Profil
Syekh Muhammad Ihsan bin Muhammad Dahlan Al-Jampesi Al-Kadiri Al-Jawi Asy-Syafi'I atau biasa dikenal dengan Syekh Ihsan Al-Jampesi adalah putra kedua dari pasangan pendiri Pondok Pesantren Jampes (sekarang berganti nama menjadi Pondok Pesantren Al-Ihsan), KH. Dahlan bin Saleh dengan Nyai Artimah. Kakaknya bernama Marzuqi yang kelak menjadi pengasuh Pondok Pesantren Lirboyo. Saat berusia 5 tahun, kedua orang tua beliau bercerai, ibunya lalu kembali ke desanya di Banjarmelati, Kediri. Beliau lahir sekitar tahun 1901 di Jampes, Kediri, Jawa Timur.

Kakek Syekh Ihsan Al-Jampesi, Kyai Saleh adalah seorang ulama asal Bogor, Jawa Barat. Dari silsilah nasab sang kakek inilah, konon masih keturunan dari seorang sultan di daerah Kuningan (Jawa Barat) yang berjalur keturunan dari Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati Cirebon.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN