Biografi KH. Abdul Fatah

 
Biografi KH. Abdul Fatah

Daftar Isi

1         Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga
1.3       Wafat

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-Guru Beliau
2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4          Organisasi dan Karier
4.1       Riwayat Organisasi
4.2       Karier Beliau

5          Menjadi Mursyid Thariqah

6         Referensi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1       Lahir

Abdullah Faqih, demikian nama seorang bayi yang lahir pada pertengahan abad ke 19 yang kelak setelah menunaikan ibadah haji berganti nama Abdul Fatah. Diperkirakan beliau dilahirkan pada tahun 1860 M di dukuh Sawangan desa Selagara Kecamatan Madukara Kabupaten Banjarnegara Propinsi Jawa Tengah. Putera kedua dari empat putera Simbah Kiyai Naqim tersebut memang dilahirkan di tengah-tengah keluarga “Santri” yang memang teguh ajaran agama Islam.
Masa kecil KH. Abdul Fatah dihabiskan di kampung halamannya bersama orang tua dan saudara-saudaranya. Yahya adalah kakaknya, sedangkan Bahri dan Dahlan adalah adik-adiknya. Demikian menurut penuturan KH. Ridlo Fatah, putera bungsu KH. Abdul Fatah.

1.2       Riwayat Keluarga

Seperti dirasa cukup, KH. Abdul Fatah mengakhiri masa lajangnya setelah pulang dari Pondok Pesantren Kaweden Banyumas. Dalam perjalanan pulangnya, beliau singgah di rumah Kepala Desa Parakancanggah, Mbah Rebath, untuk menunaikan sholat Maghrib. Dikisahkan, bahwa usai melaksanakan sholat Maghrib, Mbah Rebath terus berbincang-bincang dengan sang tamu (pemuda yang dulunya bernama Abdullah Faqih). Diantara isi percakapannya beliau menanyakan tentang, ” jati diri sang tamu, darimana dan mau kemana”, begitulah kira-kira ringkasannya.

Sebagai seorang santri yang perwira dan tertanam jiwa ketulusan dan kejujuran. Pemuda tersebut menjawab dengan tegas, bahwa namanya Abdullah Faqih, “baru pulang dari Pondok Pesantren Kaweden Banyumas, kemudian akan menuju rumah di Desa Sawangan”.
Mendengar sang tamu baru mondok, Mbah Rebath tertarik sekali, sehingga beliau memanggil Danu, puteranya. Kata Mbah Rebath, ”Nu... ini ada tamu, santri Pondok, dari Sawangan, coba ditawari saja menjadi Kiai disini, kalau bersedia akan saya buatkan Langgar (Mushola)”. Pemuda Abdullah Faqih akhirnya menjawab dengan sikap bijak, “ saya bersedia jika orang tua saya memberikan izin”, katanya.

Setelah diadakan pertemuan antara Mbah Rebath, Mbah Danu dengan orang tua Abdullah Faqih, akhirnya maksud baik Mbah Rebath kesampaian juga, bahkan pemuda KH. Abdul Fatah diminta pula untuk menikahi puterinya Mbah Danu yang bernama Sinun. Seperti di jelaskan di atas, bahwa Sinun saat tergolong anak-anak (kurang lebih 6 tahun), sehingga setelah pernikahan praktis belum bisa berkumpul dalam satu rumah. Barulah setelah selesai mondok dari jawa timur, KH. Abdul Fatah mulai menetap di Parakancanggah Banjarnegara.

Dari hasil pernikahan tersebut, KH. Abdul Fatah menurunkan tiga orang putri dan tiga orang putra. Siti Maryam adalah putri pertamanya yang meninggal dunia sebelum menikah, sedangkan putri yang ke dua Siti Badriyah, yang menikah dengan KH. Damanhuri, kemudian Umi Kulsum merupakan putri beliau yang ke tiga, menikah dengan KH. Chamzah. Putra ke empat Eyang Guru adalah KH. Hasan Fatah, menikah dengan Ny. Hj. Sama’ I dan Ny. Hj. Choeriyah Putri KH. Baidlowi Lasem . Kemudian Qomarudin sebagai anak ke lima, iya meninggal dunia sewaktu masih muda. Sedangkan putra ke enamnya adalah KH. Ridlo Fatah, menikah dengan Ny. Nafsiyah.
Dari ke enam putra-putrinya tersebut sampai saat ini (12 Robiul Akhir 1438 H ) menurut catatan penulis telah menurunkan 27 cucu, 98 cicit, 64 canggah dan 4 orang wareng. Mereka semua tersebar di berbagai kota di tanah air, yang berprofesi beraneka ragam. Di antara mereka ada yang menjadi Ulama’, Guru, Anggota Legislatif, Wirasswasta, Penjabat Pemerintah dsb.

1.3       Wafat 

Semua makhluk, termasuk manusia, pasti akan menemui ajalnya. Hanya Allah SWT lah tetap akan BAQO’ (abadi). KH. Abdul Fatah akhirnya juga tidak lepas dari ketentuan Allah SWT tersebut. Pada hari Rabu, tanggal 20 Robi’ul Akhir 1361 H(bertepatan tahun 1941 M), KH. Abdul Fatah berpulang keharibaan Allah SWT Tuhan pemilik sekalian alam. Inalillahi wa ina ilaihi roji’un. Usia Almaghfurlah KH. Abdul Fatah saat itu kurang lebih 81 tahun.

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1       Mengembara Menuntut Ilmu

Sebagaimana lazimnya situasi pada masa kolonialisme/penjajahan Belanda, masa kanak-kanak KH. Abdul Fatah dilaluinya dalam kondisi yang masih jauh dari kemerdekaan. Pendidikan formal yang ditempuhnya, tidak lebih dari tingkat Sekolah Rakyat (SR) setingkat SD saja. Politik Belanda, yang berkuasa lebih tiga abad, menutup jalan rakyat biasa untuk meneruskan pendidikan yang lebih tinggi. Situasi tersebut tidak mengendorkan semangat KH. Abdul Fatah untuk terus tholabul ‘ilmi. Apalagi didukung suasana agamis keluarga Kiyai Naqim semakin mendorong himmah (cita-cita) KH. Abdul Fatah untuk tidak berhenti-hentinya menimba ilmu agama Islam. Sehingga, hampir semua waktunya dimasa kecil dihabiskan untuk mengaji kepada ayahnya, serta di “langgar” Dukuh Sawangan .
'
Selepas masa kanak-kanaknya, KH. Abdul Fatah ingin memperdalam pengetahuan agamanya kepada para ‘ulama. Gairah dan hasrat yang kuat untuk menguasai ilmu-ilmu agama benar-benar terpancar dalam diri KH. Abdul Fatah, kelak cita-citanya meneruskan perjuangan para ‘ulama sebagai waratsatul anbiya, pewaris para ‘ulama.
Pondok Pesantren Gunung Tawang adalah tempat pertama kali KH. Abdul Fatah menaungi dunia pesantren. Dibawah asuhan Romo Kiyai Balqin, KH. Abdul Fatah meneruskan Pendidikan agamanya yang pernah diterima dari ayahnya dan Kiyai di Kampungnya. Selain itu alat (Nahwu-Shorof), Ilmu Fiqih, Tauhid dan Tasyawuf merupakan materi yang dikembangkan di Pesantren ini.

Setelah pendidikannya di Gunung Tawang dirasa cukup, KH. Abdul Fatah meneruskan kajiannya kepada Kiyai Syuhada’, di Desa Pesantren Banjarnegara.
Dari pesantren, KH. Abdul Fatah terus mondok ke Pondok Pesantren Kaweden Banyumas, suatu desa yang berdekatan dengan kota Kroya. Di Pesantren ini, KH. Abdul Fatah senantiasa memperbanyak riyadhoh, Tirakat, puasa dan amalan-amalan lainnya yang dapat meambah taqarrub kepada Allah SWT serta membersihkan hati dan jiwa (tazkiyatul-Qalbi Wa tashfiatunn - nafsi).

Dikisahkan, beliau pernah menjalani makan buah “Pace” (pahit rasanya) selama dua tahun. Beliau senantiasa ngliwet (menanak nasi) dengan mencampur beras dan kerikil, agar makannya tidak banyak, sebab setiap makan pasti memilah-milah kerikil terlebih dahulu. Setelah mendapat izin dari gurunya untuk pulang atau pindah, KH. Abdul Fatah bermaksud pulang dahulu ke Sawangan. Akhirnya, jadilah beliau meninggalkan pesantren Kaweden dengan berjalan kaki, karena saat itu memang alat transportasi masih sangat jarang.

Dikisahkan pula, sesudah dinikahkan, KH. Abdul Fatah masih terus melanjutkan modoknya di Jawa Timur. Hal itu, selain isterinya masih berusia 6 (enam) tahun,  juga karena persyaratan yang disodorkan oleh mertuanya. Wal hasil, berangkatlah KH. Abdul Fatah ke Jawa Timur. Perjalanan Banjarnegara sampai Jawa Timur kurang lebih 350 Km. Ditempuh dengan berjalan kaki, sampai akhirnya menimba ilmu diberbagai pondok, antara lain di Pondok Pesantren Mangunsari, Pondok Pesantren Cepoko dan Pondok Pesantren Mojosari.

Ketika Pondok Pesantren tersebut berada di Kabupaten Nganjuk. Disinilah KH. Abdul Fatah bertemu dengan beberapa teman yang dikemudian hari menjadi pelopor pendiri Jam’iyah Nahdlatul ‘Ulama seperti KH. Abdul Wahab Chasbulloh (pengasuh pondok pesantren Tambakberas Jombang Jawa Timur). Setelah dari Mojosari, beliau masih mondok lagi ke Pondok Pesantren Josremo Surabaya. Pengembaraan dalam menuntut ilmu dari Jawa Timur ini, dilakukan oleh KH. Abdul Fatah sampai kurang lebih 17 tahun.
 

2.2       Guru-Guru Beliau

  1. Kiai Naqim 
  2. Kiai Balqin
  3. Kiai Syuhada’
  4. Syekh Ali Ridlo bin Syekh Sulaiman Zuhdi (Jabal Qubais).

2.3       Mendirikan dan Mengasuh Pesantren

Setelah Berikhtiar ke berbagai tempat dalam mencari ilmu agama diberbagai Pondok Pesantren, pada tahun 1897 M KH. Abdul Fatah pulang dari Pondok Pesantren Josremo.Setibanya di Banjarnegara, sang mertua dan istri sudah tidak sabar lagi menantikan KH. Abdul Fatah. Sesuai rencana 17 tahun sebelumnya, santri tulen Abdul  Fatah ahirnya benar-benar mukim di Desa Parakancanggah.

Pemahamanya terhadap ilmu-ilmu agama yang menjadikan KH. Abdul Fatah benar-benar sebagai seorang ‘Alim yang patut disegani. Tidaklah mengherankan jika kemudian disaat kepulangannya beliau dari Jawa Timur beliau diikuti oleh banyak santri (murid ). Sebagian santri tersebut sampai ada yang menikah di Parakancanggah, hingga wafat di situ pula. Dikisahkan, Sholehan adalah salah seorang santri yang berasal dari Nganjuk, beliau wafat di Desa Sayer semasa masih berjuang. Maka, sudah selayaknya sampainya di Parakancanggah, beliau mendirikan sebuah langgar untuk para santrinya.

Tidak lama kemudian, karena posisi Parakancanggah sebelah timur yang dekat dengan jalan raya.KH. Abdul Fatah berkeinginan hijrah ke tempat yang lebih tenang, yakni di Parakancanggah Sebelah Selatan (Jambansari). Di tempat inilah semenjak tahun 1901 M didirikan sebuah masjid, sekaligus Pondok Pesantren.
Pondok Pesantren yang sepeninggalanya beliau dinamakan “ Pondok Pesantren Al- Fatah ” ini merupakan salah satu tinggalan KH. Abdul Fatah, setelah bertahun-tahun mencari ilmu. Diharapkan sesuai dengan misi beliau selama mondok di Pondok Pesantren tersebut akan tumbuh kader-kader penerus Aqidah Ahlussunah Waljama’ah ‘Ala- Madzhib Al- Arba’ah.

Semakin hari, Pondok Pesantren di Dusun Jambansari ini semakin mendapat simpati di kalangan masyarakat Banjarnegara terutama kaum muslim Parakancancanggah, hingga akhirnya benar-benar menjadi benteng pertahanan akhir umat islam Banjarnegara dari masa ke masa.

3          Penerus Beliau

3.1       Anak-anak Beliau

  1. Siti Badriyah, yang menikah dengan KH. Damanhuri
  2. Umi Kulsum merupakan putri beliau yang ke tiga, menikah dengan KH. Hamzah
  3. KH. Hasan Fatah, menikah dengan Ny. Hj. Sama’ I (kemudian menikah dengan Ny. Hj. Choeriyah setelah Ny. Sama'i wafat)
  4. KH. Ridlo Fatah, menikah dengan Ny. Nafsiyah


3.2       Murid-murid Beliau

Murid-murid beliau para santri pesantren Al Fatah Banjarnegara 

4          Riwayat Organisasi, dan Karier

4.1       Riwayat Organisasi
Menjadi Mursyid Thariqah

4.2       Karier Beliau
Menjadi pengasuh pesantren Al Fatah 

5        Menjadi Mursyid Thariqah

Untuk menyempurnakan semua Ubudiahnya, Eyang Guru menunaikan ibadah Haji ke tanah Suci. Belum ditemukan sumber yang kuat, tentang kapan (tahun berapa) Eyang Guru menunaikan Haji yang pertama kalinya. Jelasnya, pada tahun 1918, beliau menunaikan ibadah Haji yang ketiga kalinya. Menurut penuturan Romo KH. Hasyim Hasan dari Mbah KH. Hasan, dikisahkan pada masa itu Eyang Guru dipercaya masyarakat Banjarnegara untuk memimpin jama’ah Haji wilayah tersebut, sehingga beliau dapat berkesempatan berziarah ke Makkah Al-Mukarrumah dan Madinah Al-Munawaroh beberapa kali.

KH. Hasan sendiri pernah menyertai kepergian beliau dalam menunaikan ibadah Haji yang kelima kalinya. lbadah haji KH. Abdul Fatah tahun 1918 M merupakan perjalanan yang paling bersejarah bagi beliau. Pada saat itu, selain menunaikan ibadah Haji, beliau juga memperdalam ilmu tashawufnya. Dikisahkan, beliau mengikuti suluk selama delapan puluh hari, sampai akhirnya ke tanah air diberi izin oleh Gurunya, Syaikh Ali Ridlo ibn Syaikh Sulaiman Zuhdi untuk menjadi Mursyid Thariqah Naqsabandiyyah Kholidiyyah di daerah Banjarnegara Jawa Tengah.

Semenjak itu, Parakancanggah selain pusat santri dan kaum muslimin, juga diwarnai dengan kegiatan suluk yang dilakukan oleh para murid Thariqah. Para santri tidak hanya terbatas anak-anak atau kalangan muda saja, mereka yang sudah dewasa bahkan berusia lanjutpun bisa mondok di situ.

6         Referensi


https://www.maalfatahbanjarnegara.com/uncategorized/kh-abdul-fatah/

 

 

 

Lokasi Terkait Beliau

List Lokasi Lainnya