Ziarah Makam Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi

 
Ziarah Makam Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi
Sumber Gambar: FB Rud Muhammad Abdullah

Laduni.ID, Jakarta – Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi adalah seorang ulama besar yang sangat dihormati dan disegani oleh masyarakat Surabaya. Akhlak dan perilakunya membuat semua orang yang di dekatnya merasa nyaman, penuh cinta, dan kasih sayang.

Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi lahir di Kota Khala Rasyid, Hadramaut, Yaman Selatan pada tahun 1265 H/1845 M. Sejak kecil Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi diasuh oleh ibunya, Syekhah Sulumah binti Salim bin Sa’ad bin Smeer. Sedang ayahnya, Habib Idrus bin Muhammad Al-Habsyi sudah lebih dulu berdakwah di Indonesia, tepatnya di Majalengka dan wafat di sana pada 1919 M.

Beliau juga diasuh oleh pamannya sendiri, Habib Shaleh bin Muhammad Al-Habsyi dan Al-Habib Abdullah, dari pamannya itu jugalah Habib Muhammad belajar tentang agama Islam, seperti Al-Qur’an, tafsir, hadis, fikih, dan lain-lain.

Sebelum genap tujuh tahun, Habib Muhammad melanjutkan belajarnya kepada Mu’allim Ali Syuwa’i di tempat pengajian umum di Hauthah. Beliau juga mengkhatamkan Al-Qur’an kepada Syekh Ahmad Al-Baiti.

Dalam menuntut ilmu, Habib Muhammad bin Idrus Al-Habsyi mengorbankan segalanya hanya untuk belajar. Beliau berpindah-pindah tempat, menetap di satu kota dan menetap di kota lain, menimba ilmu kepada banyak guru, dan menghabiskan banyak biaya.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN