Ternyata Air Hujan Bisa Dijadikan Obat, Begini Caranya Menurut Islam

 
Ternyata Air Hujan Bisa Dijadikan Obat, Begini Caranya Menurut Islam
Sumber Gambar: Aleksandar Pasaric dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta – Seperti kita ketahui Indonesia hanya memiliki dua musim yaitu musim hujan dan musim kemarau yang berganti setiap tahun. Saat ini seluruh daerah Indonesia sedang memasuki musim penghujan.

Dilansir dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) puncak musim hujan 2021/2022 di sebagian besar wilayah Zona Musim (ZOM) diprakirakan terjadi pada bulan Januari dan Februari 2022 sebanyak 244 ZOM (71,3%).

Di musim penghujan ini, setiap orang harus bisa menjaga kesehatannya. Karena tubuh akan rentan terkena penyakit saat musim hujan, seperti flu.

Setiap penyakit pasti ada penawarnya. Setiap manusia harus selalu berikhtiar mencari obat yang tepat untuk menyembuhkan penyakitnya.

Kesembuhan bisa di dapat melalui tanaman, buah-buahan, konsumsi obat dan lain sebagainya. Tentu semua itu hanya sebagai pelantara, sejatinya hanya Allah lah yang menyembuhkan segala penyakit yang ada.

Air hujan pun demikian, yang biasanya untuk bersuci ternyata bisa juga untuk obat. Dari riwayat yang disebutkan Imam Al Qalyubi dalam kitab An Nawadir.

" Diriwayatkan bahwa Nabi SAW bersabda di hadapan para sahabatnya, 'Diajarkan kepadaku oleh Malaikat Jibril tentang satu obat yang tidak memerlukan kepada obat yang lain dan tidak pula membutuhkan kepada para tabib.' Kemudian Abu Bakar, Umar, Usman, dan Ali bertanya, 'Apa itu wahai Rasulullah? Sesungguhnya kami sangat membutuhkan obat itu?’ Kemudian Rasulullah SAW berkata, 'Ambillah secukupnya dari air hujan, lalu bacakanlah Surat Al Fatihah, Surat Al Ikhlas, Surat Al Falaq, Surat An Nas dan Ayat Kursi. Masing-masing dibaca 70 kali, dan diminum pada pagi dan petang selama tujuh hari. Demi Dzat yang mengutusku dengan benar sebagai seorang nabi, sesungguhnya Malaikat Jibril telah menyatakan kepadaku, 'Barangsiapa yang meminum air ini, niscaya Allah akan menghilangkan semua penyakit yang ada dalam tubuhnya dan menyembuhkan dari segala penyakit yang ada. Dan barangsiapa yang memberi air itu untuk istrinya dan tidur bersama istrinya, niscaya istrinya akan hamil dengan izin Allah SWT'."


Editor: Nasirudin Latif