Pengertian Makar dan Tipu Daya

 
Pengertian Makar dan Tipu Daya
Sumber Gambar: Foto ist

Laduni.ID, Jakarta - Makar, istilah yang sudah ada sejak dahulu kala. Namun kita masih banyak yang belum tahu apa sebenarnya makar itu. Bagaimana makar dalam pandangan islam. Yang kita tahu hanya sebatas makar sebagai tindak kejahatan. Atau hanya ayat-ayat Al-Qur’an yang sering kita dengar, belum tahu pasti makna yang sesungguhnya.

Pengertian makar dalam islam. Dalam Al-Qur’an surat Al-Imran ayat 54, makar diartikan tipu daya. Maksudnya tipu daya yang dilakukan oleh orang-orang kafir atau suatu kelompok untuk menghancurkan islam. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperlancar niat buruknya. Diantaranya dengan cara menyebarkan fitnah, menebar kebencian, mengadu domba, melakukan kekacauan. Tidak berbeda jauh dengan kata tipu muslihat yang sering kita dengar di Indonesia.

Ayat yang menjelaskan tentang makar, terdapat dalam surat Al-Imran surat ke 3 ayat 54. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:

ﻭَﻣَﻜَﺮُﻭﺍ ﻭَﻣَﻜَﺮَ ﺍﻟﻠَّﻪُ ۖ ﻭَﺍﻟﻠَّﻪُ ﺧَﻴْﺮُ ﺍﻟْﻤَﺎﻛِﺮِﻳﻦَ

Artinya: “Orang-orang kafir itu membuat tipu daya, dan Allah membalas tipu daya mereka itu. Dan Allah sebaik-baik pembalas tipu daya.”

Ayat lain yang berkaitan dengan makar yaitu firman Allah SWT:

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN