Kerugian Orang yang Beramal Tapi Tidak Menjaga Lisannya

 
Kerugian Orang yang Beramal Tapi Tidak Menjaga Lisannya
Sumber Gambar: Dok. Laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Berkata Sayyidina Umar bin Abd Aziz: "Kami sempat hidup bersama para salaf, dan tidaklah mereka melihat bahwa ibadah itu adalah pada puasa dan tidak juga pada shalat. Namun ibadah itu adalah menahan diri dari menikam kehormatan manusia. Karena orang yang bershalat di waktu malam dan berpuasa di waktu siang, andai ia tidak menjaga lidahnya maka ia pasti akan muflis di hari kiamat".

Berkata Al Imam Ghazali: "Perbuatan mengumpat itu adalah petir yang memusnahkan perbuatan-perbuatan taat. Orang yang mengumpat itu tak ubah seperti orang yang memasang 'manjanik' (alat pelontar ketika perang), lalu dilontarnya kebaikan-kebaikan yang ia buat ke timur dan barat, ke kiri dan ke kanan"

Berkata As Syirazi: "Aku telah berjaga malam bersama ayahku, dan orang-orang sekeliling kami semuanya tidur. Lalu aku berkata: "Tidaklah dari mereka ini yang bangun walau untuk shalat 2 rakaat !". Lalu ayahku berkata : "Kalau kamu tidur adalah lebih baik dari terjerumusnya kamu di dalam menghina manusia"

Ketahuilah bisa jadi kita dikalangan orang-orang yang shalat bahkan amat khusyuk didalam shalat kita, namun apabila datang di hari akhirat kita adalah seorang yang kosong tidak punya apa-apa !! Bisa jadi kita adalah orang-orang yang sentiasa berpuasa di siang hari, menghidupkan malam hari, dan berjuang menegak agama disepanjang hayat seikhlas mana sekalipun, namun apabila datang di hari akhirat kita adalah seorang yang kosong seakan-akan tidak pernah berbuat kebaikan !

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN