Dialog Syeikh Abdul Qadir Jailani dan Malaikat Maut

 
Dialog Syeikh Abdul Qadir Jailani dan Malaikat Maut
Sumber Gambar: Syeikh Abdul Qadir Jailani (foto istimewa)

Laduni.ID, Jakarta – Syeikh Abdul Qadir Jailani adalah seorang ulama fiqih yang sangat dihormati oleh Sunni dan dianggap wali dalam dunia tarekat dan sufisme. Ia adalah orang Kurdi atau orang Persia.

Beliau Syeikh Abdul Qadir Jailani orang Kurdi yang lahir pada tanggal 1 bulan Ramadhan, tahun 470 Hijriyah, bertepatan dengan 1077 Masehi yang memiliki banyak sekali karomah seperti Mampu terbang di udara dan memandang Laul Mahfudz,  mendidik Jin dan makhluk Ghaib, dan masih banyak yang lainnya.

Beliau juga pernah berdialog langsung dengan Malaikat Maut seperti dikutip dalam ceramah di akhir bulan Rajab 546 H di Madrasah, Syekh Abdul Qadir Jailani menuturkan: Imam Junaid Al-Baghdadi Rahimahullah sering kali mengatakan:

“Apa yang dapat kuperbuat terhadap diriku? Aku ini hanya seorang hamba dan milik Majikanku.”

Dia telah menyerahkan dirinya kepada Allah, tidak memiliki pilihan lain selain terhadap-Nya dan tidak mengusik-Nya. Junaid telah rela dengan apa pun yang ditakdirkan kepadanya. Hatinya telah menjadi baik dan nafsunya telah tenang.

Dia telah mengamalkan firman Allah Azza wa Jalla, “Sesungguhnya pelindungku adalah Allah yang telah menurunkan Al-Kitab (Al-Quran) dan Dia melindungi orang-orang yang shaleh.” (QS Al-‘Araf: 196)

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN