Hikmah Kenikmatan Penduduk Surga Paling Bawah

 
Hikmah Kenikmatan Penduduk Surga Paling Bawah
Sumber Gambar: Unsplash.com, Ilustrasi: laduni.ID

Laduni.ID, Jakarta - Penghuni surga yang paling rendah tingkatannya adalah yang memiliki kekuasaan seluruh dunia sejak Allah ciptakan hingga Allah hancurkan (saat kiamat) ditambah 10 kali lipat.

Sebagaimana disebutkan dalam hadis tentang seseorang yang paling akhir dikeluarkan dari neraka menuju surga:

فَإِنَّ لَكَ مِثْلَ الدُّنْيَا وَعَشَرَةَ أَمْثَالِهَا

Artinya: “Sesungguhnya bagimu kekuasaan seperti di dunia dan sepuluh kali lipatnya.” (HR. Al Bukhari no 6086 dan Muslim no 272).

أَلَنْ تَرْضَى إِنْ أَعْطَيْتُكَ مِثْلَ الدُّنْيَا مُذْ يَوْمِ خَلَقْتُهَا إِلَى يَوْمِ أَفْنَيْتُهَا وَعَشَرَةَ أَضْعَافِهَا

(Allah menyatakan): “Tidakkah engkau ridha jika aku berikan kepadamu semisal dunia sejak aku ciptakan hingga hari aku hancurkan dan (ditambah) 10 kali lipatnya.” (HR. Ibnu Abiddunya, Atthobarany).

Sebagian riwayat menyatakan bahwa penghuni surga paling bawah tersebut disuruh oleh Allah untuk berharap dan berangan-angan apa saja yang ia inginkan, hingga saat telah habis apa yang dia angankan, kemudian Allah menyatakan kepadanya: Untukmu 10 kali lipat dari itu. Kemudian Dia mengatakan: Tidak ada seorangpun yang mendapatkan kenikmatan seperti aku. Padahal ia adalah orang yang terakhir masuk surga dan berada di level paling bawah.

Penduduk surge tingkatan paling bawah adalah seseorang yang memiliki 1000 pelayan. Tiap pelayan memiliki tugas yang berbeda-beda dalam melayaninya. Sahabat Nabi Abdullah bin Amr RadhiAllahu anhu menyatakan:

إِنَّ أَدْنَى أَهْلِ الْجَنَّةِ مَنْزِلَةً مَنْ يَسْعَى عَلَيْهِ أَلْفُ خَادِمٍ كُلُّ خَادِمٍ عَلَى عَمَلٍ لَيْسَ عَلَيْهِ صَاحِبُهُ

Sesungguhnya penduduk surga yang paling bawah adalah seseorang yang memiliki 1000 pelayan bergegas (melayaninya). Setiap pelayan memiliki tugas yang berbeda dengan yang lain. (HR. Al-baihaqy).

Dalam sebagian riwayat dijelaskan bahwa ketika penghuni surga paling bawah itu akan masuk ke istananya, ia melihat sosok yang sangat indah dan mengira itu adalah malaikat, padahal itu adalah salah satu dari 1000 pelayannya. kemudian dia masuk ke dalam istananya yang berupa permata hijau kemerah-merahan setinggi 70 hasta (sekitar 32 meter) dan memiliki 60 pintu, yang setiap pintu menghantarkan pada ruangan berupa permata yang lain, yang bentuknya berbeda satu sama lain. Tiap ruangan permata itu memiliki ranjang dan bidadari. (shahih attarghib no 3591).

Akan ada 2 bidadari yang menyambutnya dan berkata :

الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي أَحْيَاكَ لَنَا، وَأَحْيَانَا لَكَ

“Segala puji bagi Allah yang telah menghidupkanmu untuk kami dan menghidupkan kami untukmu” (HR. Muslim no 311).

“Orang itu bisa melihat area kekuasaannya sejauh perjalanan 100 tahun.” (HR Ibnu Mas’ud dishahihkan oleh al-hakim dan disepakati oleh adz-dzahaby).

“Itu adalah kenikmatan yang dirasakan oleh penghuni surga terbawah yang masuk surga paling akhir dan dia sempat merasakan annaar (neraka).

Semoga Allah subhaanahu wa ta’ala memasukkan kita ke dalam surganya yang penuh dengan kenikmatan Aamiin


Catatan: Tulisan ini telah terbit pada tanggal 23 Maret 2022. Tim Redaksi mengunggah ulang dengan melakukan penyuntingan dan penyelarasan bahasa.

_____

Sumber: dikutip dari buku akidah imam al-muzani (murid imam asy-syafii)

Editor: Athallah Hareldi