Amalan Malam Pertama Ramadhan

 
Amalan Malam Pertama Ramadhan
Sumber Gambar: ayeb MEZAHDIA dari Pexels

Laduni.ID, Jakarta - Dianjurkan pada malam pertama di bulan Ramadhan ba'da Maghrib membaca surah Al-Fath lebih utama membacanya di dalam shalat sunnah mutlaq. Dalam melaksanakan shalat sunnah mutlaq 4 rakaat, baik dengan 1 tasyahhud 1 salam atau setiap 2 rakaat 2 tasyahud 2 salam. Sambil baca pada setiap rakaat 1/4 daripada surat Al-Fath. Dilakukan 3 malam berturut-turut akan lbh baik ( Asy Syekh Abdulqodir Al Jilani)

Niatnya: "usholli rok'ataini lillahi ta'ala (2 rakaat) usholli arba'a roka'atin lillahi ta'ala (4 rakaat)". Jika tidak hafal boleh sambil baca Al-Qur'an namun sebisa mungkin hindari menggerakkan lengan 3X berurutan.

Baca Juga: Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Artinya

Sebagaimana telah diriwayatkan oleh Al Imam Al Khatib Asy-Syarbiniy dalam kitab Tafsirnya Sirojul Munir dgn sanad yg bersambung kepada Nabi SAW: "Siapa orang yang shalat (sunnah mutlaq) empat rakaat pada malam pertama di bulan Ramadhan, kemudian dia membaca surat Al-Fath, dia (akan) lalui setahun penuh dalam kekayaan. Atau dalam riwayat lain dia lalui setahun penuh dalam kebaikan"

Dan dalam Tafsir Al Imam Qurthubi: "Siapa Orang yang membaca surat Al Fath di dalam shalat sunnahnya pada malam pertama di bulan Ramadhan, Allah SWT pelihara dirinya pada tahun itu"

Yaa Allah sampaikan kami di bulan Ramadhan, jadikan kami termasuk orang-orang yang meningkatkan ibadah di dalamnya, serta jadikanlah kami termasuk orang-orang yang Engkau bebaskan dari api neraka.

Catatan: Surah Al-Fath
1. Rakaat pertama ayat 1 - 10
2. Rakaat kedua ayat 11 - 17
3. Rakaat ketiga ayat 18 - 26
4. Rakaat ke empat ayat 27 – 29


Sumber Kitab: Kanzun Najah Was Surur