Pesantren Ummil Mu’minin Kutorejo, Mojokerto

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0.
 
Pesantren Ummil Mu’minin Kutorejo, Mojokerto

PROFIL

Pondok Pesantren Ummil Mu’minin (PPUM) merupakan lembaga pendidikan islam berwawasan Ahlus Sunnah wal Jama’ah yang berlokasi di Dusun Mengungkung Desa Simbaringin Kecamatan Kutorejo Kabupaten Mojokerto.

Berada di bawah naungan Yayasan Pendidikan dan Sosial Ummil Mu’minin, PPUM berdiri sejak tahun 1997 dengan jumlah santri awal sebanyak 30. Muassis PPUM adalah Al-maghfurlah Ibu Nyai Hj. Chodidjah Tamhid dan Al-Maghfurlah KH. Anwar Daim. Atas rahmat dan maunah Allah Swt, Ibunda Ny. Hj. Chodidjah Tamhid dan KH.Anwar Daim dapat merintis dan mengembangkan PPUM dari sejak masih bibit hingga saat ini menjadi pusat dakwah dan pendidikan islam bagi masyarakat di daerah Mojokerto dan sekitarnya.

Pada masa pendirian PPUM, sang muassis Ibu Nyai Hj. Chodidjah Tamhid rutin melakukan riyadloh dan meminta petunjuk kepada Allah Swt. Hal ini dilakukan sebagai upaya batiniyah agar dimudahkan segala langkah yang ditempuh dalam rangka perjuangan li I’laai kalimatillah. Hingga pada saat Bu Nyai melakukan ibadah Haji ke baitullah di pertengahan tahun 1997, Bu Nyai sowan kepada Sayyid Maliki di Makkah. Pada saat itulah, melalui Sayyid Maliki, Bu Nyai diberi isyarah untuk memberi nama Pondok pesantren dengan nama “Ummil Mu’minin” yang bermakna Ibu dari orang orang yang beriman.

Nama Ummil Mu’minin menjadi symbol dan semangat dalam melangsungkan pendidikan kepada para santri. Agar para santri yang telah dinyatakan lulus dari PPUM menjadi pribadi yang beriman, bertaqwa dan memanfaatkan ilmu yang diperoleh untuk kemaslahatan masyarakat dan lingkungan di manapun berada.

Santri awal PPUM berasal dari berbagai daerah. Banyak santri berasal dari daerah Kutorejo dan sekitarnya. Banyak pula yang berasal dari luar daerah, diantaranya Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan bahkan banyak juga yang berasal dari Pulau Bali.

Santri awal PPUM merupakan santri Bu Nyai Chodidjah Tamhid yang telah dididik dan mondok sejak dari Pondok Pesantren Miftahul Huda (PPMH) Jowinong. Bu Nyai Chodidjah menjadi pengasuh PPMH bersama dengan Al-maghfurlah KH. Afifuddin Zahid selama 8 tahun yakni sejak tahun 1984. Setelah KH.Afifuddin Zahid wafat pada tahun 1992, Bu Nyai Chodidjah Tamhid menjadi pengasuh tunggal dan tetap menjalankan amanah memimpin PPMH Jowinong hingga tahun 1997.  Dedikasi dan semangat Bu Nyai Chodijah dalam mendidik santri memantapkan langkah beliau untuk mengemban misi menebar kebermanfaatan di luar daerah Jowinong. Pada tahun inilah (1997) Ibu Nyai Hj. Chodijah hijrah dari Jowinong dan mendirikan Pondok Pesantren Ummil Mu’minin di Desa Simbaringin Kutorejo.

Pada masa pendirian, beberapa kegiatan khas Pondok pesantren menjadi warna dominan sebagai aktifitas harian santri. Diantaranya, pengajian al-qur’an dan kitab kuning rutin setiap pagi, madrasah diniyyah, Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) untuk anak anak di lingkungan Desa Simbaringin bakda Ashar sampai malam. Para santri senior diperbantukan ke lembaga pendidikan sekitar yang membutuhkan pengajar. Bu Nyai Chodidjah juga rutin mengadakan majlis ta’lim setiap hari Selasa yang dihadiri oleh masyarakat umum. Majlis ta’lim yang diberi nama Majlis Ta’lim Ar-Roudloh ini dilaksanakan setiap hari selasa bakda Dzuhur hingga Bakda Ashar. Setiap selasa kliwon, majlis ta’lim Ar- Roudloh diawali dengan khataman Al-Qur’an oleh para hafidzah.

Dengan berdirinya PPUM di Desa Simbaringin, gairah masyarakat sekitar untuk belajar dan beribadah semakin meningkat. Masyarakat Desa Simbaringin yang semula kurang dekat dengan aktifitas spiritual menjadi lebih giat mendekatkan diri kepada Allah Swt. Masyarakat Simbaringin, atas hidayah Allah dan melalui keberadaan PPUM sebagai pusat dakwah dan pendidikan agama di desa setempat, berangsung angsur meninggalkan maksiat yang sebelumnya telah menjadi kebiasaan sehari hari.

Hingga saat ini PPUM terus berkembang dan meningkatkan kualitas program pendidikan berbasis pesantren. Pada tahun 2009, didirikan SMP Islam Terpadu Al- Azhar sebagai lembaga pendidikan formal. PPUM juga aktif menjalin kolaborasi dan kerja sama dengan berbagai instansi untuk membuka ruang belajar dalam bidang lainnya agar potensi dan keilmuan para santri semakin terasah dan tergali.

Pada tahun 2011, PPUM menambah program baru dengan dilakukannya pembangunan asrama putra yang saat ini diberi nama Ribath Daarul Mubtadi’in. Pembangunan ini menjadi jawaban akan kebutuhan sarana dan fasilitas untuk santri yang jumlahnya terus bertambah dari tahun ke tahun.

Hingga saat ini, PPUM masih terus berkembang dan meningkatkan kualitas lembaga baik secara lahiriah maupun batiniah. Tongkat kepengasuhan telah bergulir ke dzurriyah Bu Nyai Chodidjah Tamhid. Bu Nyai Chodidjah telah memulai dan meneladankan. Para jajaran dewan pengasuh dan asatidz melanjutkan dengan spirit memberikan manfaat dan pelayanan sebaik baiknya agar para santri mendapatkan pendidikan islam yang barokah dan maslahat.

 

kampung Kalierang sebelah barat RT.02 RW.04, Kecamatan Selomerto, Kabupaten Wonosobo

Sumber: https://nu.or.id/pesantren/silaturrahim-ke-pesantren-an-nur-wonosobo-vqmh2

Pengasuh

1.Nyai Hj. Chodidjah Tamhid
2. KH. Anwar Daim
 

Baca juga :  Universitas Sains Al Qur’an (UNSIQ)​ Wonosobo

PENDIDIKAN

​​Pendidikan Formal
1. MI
2. SMP
3. MA

Pendidikan Non Formal

  1. Madrasah Diniyah
  2. Program Tahfidz
  3. Pengajian kitab salafiyah

Kitab-kitab dasar yang diajarkan di Pesantren:

Al Jurumiyah, Amtsilati, Tasfiriyah, Fathul Qarib, Tafsir Jalalin, Ta'limul Muta'alim, dan kitab-kitab lainnya.

Baca juga :  Menyemir Rambut dengan Warna Hitam, Bolehkah

EKSTRAKURIKULER
Pesantren ini memiliki Ekstrakurikuler sebagai berikut:

  1. Tahfidzul Qur'an
  2. Tahsinul Qur'an
  3. Kajian kitab kuning
  4. Kaligrafi
  5. Hadrah
  6. Tahlilan dan Yasinan
  7. Barjanzi
  8. Dzikir & Istighotsah Mingguan
  9. Banjari
  10. Muhadoroh
  11. Maulid Diba’
  12. Simtu Duror 
  13. Khutbah Jumat
  14. Ziarah
  15. Olahraga: sepakbola, voli, basket, bulutangkis


Pengajian rutin di pesantren Ummil Mu’minin


Hadrah di pesantren Ummil Mu’minin

FASILITAS
Pesantren ini memiliki fasilitas sebagai berikut:

  1. Gedung Asrama
  2. Gedung sekolah/madrasah
  3. Ruang kantor guru
  4. Perpustakaan
  5. Laboratorium Komputer
  6. Laboratorium Bahasa
  7. Gudang
  8. Masjid
  9. Tempat Parkir
  10. Poskestren
  11. Dapur
  12. Kantin
  13. Aula
  14. Kamar Mandi WC


Gedung pesantren di pesantren Ummil Mu’minin


Gedung pesantren di pesantren Ummil Mu’minin

Baca juga :   Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Lampung

 

ALAMAT

Jl. Raya Pacet No. 93 RT 02 RW 01 Mengungkung Simbaringin Kutorejo Mojokerto

Email        :  smpitalazhar@gmail.com

Kode Pos  :   61383

Telepon     :  085730722822

  

Untuk informasi lebih lanjut dan mengenai pendaftaran silahkan hubungi melalui Website ini: https://pesantrentahfidz.id

                       

  

 

KUNJUNGI JUGA

 

 

Relasi Pesantren Lainnya

  • Belum ada pesantren yang berelasi dengan pesantren ini.