Ziarah di Makam Syekh Mukhtar Muda Nasution, Muasis Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Sibuhuan

 
Ziarah di Makam Syekh Mukhtar Muda Nasution, Muasis Pondok Pesantren Al-Mukhlishin Sibuhuan
Sumber Gambar: dok. Pribadi/FB Muharram Hutasuhut II

Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - Syekh Mukhtar Muda Nasution  Beliau adalah ulama kharismatik asal Sumatera Utara yang menjabat sebagai Mustasyar PBNU dari tahun 1999-2009. Beliau dikenal sebagai sosok ulama yang gemar mengajar dan mensyiarkan agama, kemantapan ilmu beliau membawanya sebagai pengajar di usia muda. Walau begitu, Syekh Mukhtar Muda banyak menimba ilmu dari para ulama dalam negeri dan ulama Mekkah.

Pengabdian Syekh Mukhtar Muda di NU juga dimulai dari bawah, beliau mengabdi di jajaran MWCNU pada tahun 1948, hingga menjadi Mustasyar pada tahun 1999.

Karena kirpah dan perannya dalam mengajar, pada tahun 1992, Gubernur Sumatera Utara saat itu menganugerahi Syekh Mukhtar Muda sebagai “Pembina Pendidik Terbaik Sumatera Utara”. Kiprahnya tersebut tidak hanya dalam bidang pendidikan, melainkan bidang dakwah, dan kemasyarakatan.

Syekh Mukhtar Muda juga turut memberantas degradasi moral yang ada di Sumatera Utara, bersama dengan beberapa organisasi pemuda dan pemerintah. Kiprahnya inilah yang membuat beliau sangat dihormati dan disegani oleh masyarakat. Terlebih murid-murid beliau yang menjadi orang yang berpengaruh di pemerintah, guru, ustaz, ulama, hingga pengusaha.

UNTUK DAPAT MEMBACA ARTIKEL INI SILAKAN LOGIN TERLEBIH DULU. KLIK LOGIN