Ziarah di Makam KH. Khudlori Tabri, Ulama Simbang Kulon

Memperoleh Donasi Sebesar : Rp 0. Donasi Sekarang
 
Ziarah di Makam KH. Khudlori Tabri, Ulama Simbang Kulon

 Daftar Isi

Laduni.ID, Jakarta - KH. Khudlori Tabri adalah seorang sosok ulama berwibawa, sederhana, dan sabar. Kesadaran beliau akan pentingnya ilmu sangatlah besar. Hal ini bisa kita lihat dari kegigihan beliau dalam mendidik putra-putri serta para santri. Beliau adalah pendiri dan pesantren Nurul Huda di Simbang Kulon, Buaran, Pekalongan.

Profil


KH. Khudlori Tabri lahir pada hari Rabu 3 Februari tahun 1932 H  di Simbangkulon, Buaran, Pekalongan. Beliau putra dari Bapak Tabri bin Abdus Shomad bin Kyai Irfan. Ayah beliau masih saudara dengan Bapak Hamzah, ayah KH. Bakri Hamzah.

Beliau menuntut ilmu di berbagai pesantren di antaranya:
Setelah selesai dari pendidikan MI-nya beliau melanjutkan pendidikan ke Pondok Pesantren APIK Kaliwungu Kendal dibawah asuhan Al Maghfurlah Kiai Ru’yat. Beliau berangkat ke pesantren sekitar tahun 1951 M. Dan beliau nyantri di Kaliwungu selama sekitar 6,5 tahun. Di pondok beliau menjadi santri kesayangan Mbah Ru’yat, sehingga tiap pengajian beliau disuruh duduk di depan, langsung dihadapan Mbah Ru’yat.

Guru-guru beliau saat menuntut ilmu di antaranya:

  1. Kiai Tabri
  2. KH. Ru’yat
  3. KH. Bakri Hamzah

Untuk kelanjutannya tentang Profil beliau silahkan baca di Biografi KH. Khudlori Tabri

Lokasi Makam
Beliau wafat di RSUD Kraton setelah shalat Subuh pada hari Rabu 8 Dzulhijjah 1420 H atau 15 Maret 2000 M. KH. Khudlori Tabri dimakamkan di Pemakaman Mbah Jihan tepatnya di Desa Simbang Kulon, Kecamatan Buaran, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Haul
Haul diperingati bulan Dzulhijjah di pesantren, untuk tanggal Haul pihak keluarga pesantren yang akan memberitahu acara haul diperingati.

Motivasi Ziarah Menurut Syeikh An Nawawi Banten
     1. Untuk Mengingat mati dan Akhirat
     2. Untuk mendoakan
     3. Untuk mendapatkan keberkahan
     4. Memenuhi hak ahli kubur yang diziarahi, seperti ke makam orang tua

Fadilah
Dengan berdoa kepada Allah dengan melalui wasilah KH. Khudlori Tabri maka akan ada fadilah di antaranya:
1. Dimudahkan mencari keilmuan.
2. Dimudahkan mendapatkan keturunan yang cerdas, sholeh, dan ahli agama
3. Dimudahkan kenaikan derajat
4. Dimudahkan mencari rezeki yang berkah.

Oleh-oleh
Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang usai ziarah di Pekalongan di antaranya: Megono, Capret Pekalongan, Binteng Jahe, Tauco, Kopi Tjanting, Limun Oriental, Batik.