Biografi KH. Chamzawi

 
Biografi KH. Chamzawi

Daftar Isi

1          Riwayat Hidup dan Keluarga
1.1       Lahir
1.2       Riwayat Keluarga

2          Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau
2.1       Mengembara Menuntut Ilmu
2.2       Guru-guru Beliau

3          Penerus Beliau
3.1       Anak-anak Beliau
3.2       Murid-murid Beliau

4         Karier 
4.1      Karier Beliau

5         Silsilah Nasab 
5.1      Silsilah Guru Beliau

6         Kezuhudan Beliau

7         Referensi

 

1. Riwayat Hidup dan Keluarga

1.1  Lahir
KH. Chamzawi  lahir di Sulang Kabupaten Rembang Jawa Tengah pada tanggal 8 Agustus 1951. KH. Chamzawi adalah anak kedelapan dari sembilan bersaudara. Beliau dilahirkan di keluarga yang sederhana dari seorang ibu yang bernama Sarjinah dan ayah yang bernama Syaechon. Mbah Syaechon, begitu para cucunya memanggil, wafat saat  Kiai Chamzawi masih berusia 10 tahun.

Mbah Syaechon bukanlah seorang kiai besar yang memiliki ribuah santri dan ribuan jama'ah. Beliau hanyalah seorang petani yang taat ibadah, sangat disiplin dan tegas dalam mendidik anak-anaknya. Mbah Syaechon merupakan salah satu orang yang percaya bahwa pendidikan pesantren harus ditempuh oleh anak-anaknya. Beliau menjadikan pesantren sebagai tempat pendidikan terbaik bagi anak-anaknya.

Oleh karenanya, semua anaknya menjadi orang-orang yang memegang teguh dengan prinsip dan ajaran agama serta istigomah dalam menjalankan ajaran agama.

Tak jauh berbeda dengan Mbah Syaechon, Mbah Sarjinah merupakan sosok ibu yang sangat perhatian terhadap anak-anaknya. Mbah Sarjinah kapundut pada tahun 2014.

1.2      Riwayat Keluarga
Istrinya bernama Sri Wahyuni. Pernikahannya dikaruniai 5 orang anak, terdriri dari 4 putra dan 1 putri.

2. Sanad Ilmu dan Pendidikan Beliau

2.1  Mengembara Menuntut Ilmu
Pendidikan Chamzawi muda ditempuhnya di Rembang pada tahun 1964 sampai pada akhirnya hijrah ke Pesantren Lirboyo pada tahun 1973. Kemudian hijrah ke Malang untuk melanjutkan studi sarjana muda dan sarjana lengkap di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Cabang Malang  hingga lulus 1981. Rupanya, semangat akademik Chamzawi yang masih muda kian meningkat sampai akhirnya melanjutkan ke jenjang S2 di Unisma hingga lulus tahun 2006.

2.2  Guru-guru Beliau
Guru-guru beliau saat menuntut ilmu, di antaranya:
1. KH. Marzuqi Dahlan
2. KH. Mahrus Aly

3. Penerus Beliau            

3.1  Anak-anak Beliau
Anak-anak beliau yang menjadi penerus beliau adalah:
1. Muhammad Mu’tashimbillah (Gus Bil)
2. Gus Faiq Nasrullah

3.2  Murid-murid Beliau
Murid-murid beliau adalah:
1. Umar Faruq
2. Agwin Degaf
3. Abdul Rosyid Munaji

4. Karier 

4.1  Karier Beliau
Karier sesuai dengan keilmuan beliau, posisi karier yang diduduki di antaranya:
1. Sejak 1 Maret 1984, beliau diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Departemen Agama (sekarang Kementrian Agama).
2. Mengajar di Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Ampel Cabang Malang (sekarang UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)
3. Mengajar di Universitas Islam Malang (Unisma) serta beberapa lembaga pendidikan Islam di Gondanglegi Kabupaten Malang.

5. Silsilah Nasab 

5.1   Silsilah Guru Beliau
Berikut ini contoh Chart silsilah guru beliau dapat dilihat selengkapnya melalui: Silsilah Nasab guru beliau

6.  Kezuhudan Beliau

 Terkait sikap zuhud, KH. Robikin Emhas mengaku ada kesaksian tentang KH. Chamzawi. Nampak beliau, tidak sempat terpikir di benak beliau ketertarikan terhadap kemewahan dunia. Baik di kampus maupun di luar kampus, hampir tidak ada posisi, jabatan, atau fasilitas yang dikejar atau dipertahankan mati-matian oleh beliau, kecuali diterima sebagai ladang khidmah dan amanah.

Dosen Bahasa Arab UIN Maliki Malabf, H Ghufron Hambali menuturkan hal yang sama. KH. Chamzwi merupakan sosok yang sabar dan istiqamah dalam beramal untuk umat. Beliau sangat istiqamah melaksanakan kewajiban formal di kampus. Saat itu beliau diamanahi sebagai sekertaris jurusan. Walau beliau berangkat dari tempat domisili yang cukup jauh. Sering saya dapati beliau naik angkot, tetapi beliau sangat disiplin.

7. Referensi

 Biografi KH.Chamzawi

 

Lokasi Terkait Beliau

    Belum ada lokasi untuk sekarang

List Lokasi Lainnya