Sepuluh Kemuliaan Bulan Muharram

 
Sepuluh Kemuliaan Bulan Muharram
Sumber Gambar: foto ist

Laduni.ID, Jakarta - Tak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan muharram. Bulan ini merupakan salah satu dari empat bulan yang dimuliakan Allah SWT  sebagaimana yang telah termaktub dalam Qur’an surat Al Taubah ayat 36.

ﺇِﻥَّ ﻋِﺪَّﺓَ ﺍﻟﺸُّﻬُﻮﺭِ ﻋِﻨْﺪَ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﺍﺛْﻨَﺎ ﻋَﺸَﺮَ ﺷَﻬْﺮًﺍ ﻓِﻲ ﻛِﺘَﺎﺏِ ﺍﻟﻠَّﻪِ ﻳَﻮْﻡَ ﺧَﻠَﻖَ ﺍﻟﺴَّﻤَﺎﻭَﺍﺕِ ﻭَﺍﻟْﺄَﺭْﺽَ ﻣِﻨْﻬَﺎ ﺃﺭْﺑَﻌَﺔٌ ﺣُﺮُﻡٌ ﺫَﻟِﻚَ ﺍﻟﺪِّﻳﻦُ ﺍﻟْﻘَﻴِّﻢُ

Artinya: “Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah adalah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus.” (QS. At-Taubah: 36)

Yang dimaksud empat bulan haram dalam ayat Al Qur’an di atas adalah bulan DzulQa’dah, Dzulhijjah, Muharram (tiga bulan ini berurutan), dan Rajab.

Di dalam bulan muharram ini terdapat hari yang sangat mulia yaitu hari Asyura (10 Muharram). Hari Asyura menjadi istimewa karena Allah SWT memberikan banyak kemuliaan pada Nabi dan RasulNya pada hari ini. Berikut ini sepuluh kemuliaan bulan Muharram.

1. Bulan Muharam adalah bulan pertama dalam kalender Hijriyah.

2. Bulan Muharam dijadikan awal bulan dari tahun baru Islam.

3. Bulan Muharam termasuk salah satu dari empat bulan yang dijadikan Allah sebagai bulan haram (QS At-Taubah: 36). Ke empat bulan tersebut adalah Zulqa’dah, Zulhijjah, Muharram dan Rajab.

4. Allah melipat gandakan pahala kebaikan sebagaimana sebaliknya dosa kesalahan dalam bulan haram akan lebih berat.

5. Para ulama sepakat bahwa keempat bulan haram tersebut memiliki keutamaan dibandingkan dengan bulan-bulan yang lain selain Ramadhan.

6. Bulan Haram yang paling Afdhal (menurut sebagian ulama)

7. Di sifati sebagai Syahrullah. Dalam beberapa hadis, Rasulullah SAW mensifati bulan Muharram sebagai syahrullah (bulan Allah). Hal ini merupakan pertanda kemulian dan kelebihan bulan Muharram.

8. Bulan ini juga sering dinamakan: Syahrullah Al Asham (Bulan Allah yang Sunyi). Dinamakan demikian, karena sangat terhormatnya bulan ini.

9. Bulan Muharram merupakan bulan yang sangat baik untuk berpuasa setelah bulan Ramadhan. Dalam satu hadis riwayat Imam Muslim Rasulullah bersabda: “Yang paling Afdhal berpuasa setelah bulan Ramadhan adalah bulan Allah Muharram, dan yang paling utama shalat setelah shalat fardhu adalah shalat malam. (H.R. Imam Muslim)

10. Adanya hari Asyura dalam bulan Muharram. Salah satu kelebihan bulan Muharram adalah ada satu hari yang memiliki kelebihan yang agung yaitu hari Asyura (10 Muharram).

Referensi:
1.Taqrirat `ala Hasyiah I`anatuth Thalibin,
2. Sayyid Abi Bakar Syatha jilid 2 hal 267 Cet. Haramain
3. Tafsir Ibn Katsir
4. Hasyiah As Suyuthi ‘ala Sunan An Nasaai
5. Syarh Suyuthi ‘Ala shahih Muslim, 3/252