Tuntunan Ibadah

 

Rukun-Rukun dalam Shalat yang Perlu Diketahui

Secara singkat bisa kita artikan bahwa rukun shalat adalah bagian penyusun dari shalat tersebut. Ada berbagai macam versi tentang berapa rukun shalat.

Begini Ketentuan Masa Iddah Perempuan dalam Islam

Sebagaimana diketahui, wanita memiliki masa iddah, yakni masa tunggu tertentu setelah ditinggal wafat atau diceraikan suaminya.

Hukum Membaca Surat Pendek Setelah Fatihah pada Rakaat Ketiga dan Keempat

Membaca surat atau ayat Al-Qur’an bagi makmum ketika telah menyelesaikan bacaan al-Fatihah-nya adalah hal yang tidak dianjurkan. Kenapa?

Status Hukum Bacaan Tarqiyyah Sebelum Khatib Naik Mimbar Khutbah

Ketika menjelang shalat Jumat, kita selalu mendengar bacaan Tarqiyyah, yakni bacaan yang dibaca sebelum khatib maju dan naik ke mimbar untuk menyampaikan khutbah Jumat.

Petunjuk Lengkap dan Keutamaan Shalat Qabliyah Ba'diyah

Di antara shalat sunnah yang dianjurkan (sunnah muakkadah) adalah dua rakaat sebelum shalat magrib sebagai Sunnah Qabliyah dan dua rakaat setelahnya sebagai Sunnah Ba’diyah.

Ketentuan Lengkap Nishab Zakat Ternak yang Harus Dikeluarkan

Zakat hewan ternak adalah zakat yang perlu dikeluarkan orang yang punya hewan ternak yang jumlahnya sudah mencapai nishab. Hewan ternak tersebut adalah seperti sapi, kambing dan unta. 

Susunan Lengkap Wirid Setelah Shalat Maghrib dan Subuh Beserta Keutamaannya

Setelah melaksanakan shalat wajib lima waktu, Rasululah SAW tidak pernah melewatkan dzikir atau wirid. Beliau selalu mengerjakan beberapa bacaan dzikir tertentu setiap kali selesai shalat fadhu

Tuntunan Bacaan Surat Yasin, Tahlil Singkat dan Kumpulan Doa Arwah

Sebelum dimulai pembacaan tahlil, biasanya diawali pembacaan Surat Yasin. Dalam pembacaan Surat Yasin ini biasanya juga diawali dengan pembacaan doa khusus serta diiringi dengan pembacaan Surat Al-Fatihah.

Tingkatan Kasyaf akan Tercapai Bila Hati Sudah Begini

Suatu hari keika KH Buya Syakur Yasin mengahadiri sebuah acara seremonial keagamaan, kalau tidak salah acara marhabanan. Buya Syakur membawa temannya yang spiritualismenya sudah cukup tinggi.

Penjelasan Thariqah Menurut Habib Luthfi Bin Yahya

Ma’rifat adalah “mengerti dan mengenal”. Mengerti belum tentu mengenal, tapi kalau mengenal sudah pasti mengerti. Jadi ma’rifat di sini adalah mengenal Allah Swt., seperti halnya kita mengetahui sifat-sifatNya, baik yang wajib, mustahil dan jaiz.