Puasa

 

Rahasia Puasa dan Syarat Bathiniah

Mengenai Rahasia puasa dan Syarat Bathiniah ada 6 perkara.Memejamkan mata, Menjaga lidah, Menahan pendengaran dari mendengar segala sesuatu yang dibenci, Menahan anggota tubuh yang lain-lain dari segala perbuatan dosa, Jangan terlalu banyak makan di waktu berbuka, Hendaklah setelah berbuka itu, hatinya masih mempunyai perasaan yang goncang.

Apakah Berbohong Bisa Membatalkan Puasa?

Di era digital seperti sekarang ini, banyak sekali berita bohong yang berseliweran. Entah itu di dunia maya ataupun di dunia nyata.

8 Perkara yang Bisa Membatalkan Puasa

Setiap Muslim pada saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan, selain harus melaksanakan kewajiban-kewajiban saat puasa, namun dituntut untuk menjaga diri dari hal hal yang membatalkan puasa.

Puasa di Hari Kelahiran atau Weton Menurut Islam

Puasa Weton, puasa di hari kelahiran, sejauh ini belum banyak ditemukan dalam kitab-kitab Fikih yang menyatakan sunah.

Hukum Keluar Madzi Saat Sedang Puasa

Madzi bisa datang kapan saja, biasanya jika pasangan suami istri sedang bermesraan. Namun bagaimana hukumnya jika air madzi (tanpa mani) keluar ketika sedang puasa?

Niat Puasa Arafah dan Tarwiyah pada 8-9 Dzulhijah

Puasa sunnah Arafah hanya diperuntukkan untuk muslim selain jamaah haji, sedangkan bagi yang sedang menunaikan ibadah haji tidak disunnahkan, walaupun kuat melaksanakannya.

Manfaat Puasa Senin Kamis Menurut Tinjauan Medis

Puasa Senin Kamis merupakan puasa sunnah yang banyak dilaksanakan oleh umat muslim selain puasa wajib di bulan suci Ramadhan. Ternyata, menurut dunia medis, puasa Senin Kamis memiliki banyak manfaat.

Niat Puasa Sambil Diet

Biasanya, sekali lagi biasanya setelah berpuasa akan turun berat tubuh kita. Kalau tambah berat? Kemungkinan kita cuma puasa siang hari tapi memindah jadwal makan ke malam hari, ditambah menu buka puasa dan sahur yang lebih nikmat.

Ini Hukum Berenang bagi Orang Puasa

Termasuk hal yang membatalkan puasa adalah masuknya benda ke dalam tubuh bagian dalam, baik melalui rongga terbuka, mulut, telinga, anus, lubang kemaluan dan hidung, atau masuk melalui rongga yang tidak terbuka seperti kepala yang terluka.

10 Hari Terakhir Ramadlan

Rasulullah shalallahu alaihi wasallam melakukan i'tikaf di 10 hari pertama Ramadlan, kami juga melakukan i'tikaf bersama Nabi. Kemudian Jibril datang kepada Nabi dan berkata: "Apa yang engkau cari ada di depanmu