Profil Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Raden Santri Gresik

 
Profil Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Raden Santri Gresik

Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Raden Santri Gresik adalah lembaga penyelenggara pendidikan tinggi yang merupakan penjelmaan dari lembaga pendidikan yang sudah ada sebelumnya,yaitu Fakultas Tarbiyah Universitas Sunan Giri Jawa timur di gresik,yang didirikan pada tahun 1980. Pada tahun 1981 lembaga ini berubah namanya menjadi Universitas Islam Gresik (UNIG)yang salah satu fakultasnya adalah Fakultas Tarbiyah.dan pada tahun 1983 Fakultas tarbiyah ini memperoleh status dan kewenangan dari pemerintah utuk menyelenggarakan pendidikan tinggi program sarjana muda melalui surat putusan mentri agama RI No:KRP/EIII/PP.0021/1303/1983.

Universitas Islam Gresik, sudah dapat meluluskan sarjana muda Negara. Peraturan mengenai sebutan perguruan tinggi yang ditetapkan pemerintah pada awal tahun akademik 1987/1988,nama lembaga ini berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Gresik,guna memenuhi ketentuan pada saat itu. Kemudian pda tahun akademik 1988/1989,Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ini memperoleh status dari pemerintah untuk menyelenggarakan Strata satu (S.I) melalui surat keputusan mentri agama RI Nomor:570 Tahun 1989.

Dan pada tahun akademik 1990/1991 Sekolah Tinngi Ilmu Tarbiyah sudah dapat meluluskan Sarjana I Negara. Pada tahun akademik 1994/1995, yayasan Universitas Islam Gresik(YUNIG) yaitu yayasan yang menangani perguruan tinggi ini berubah namanya menjadi Yayasan Pendidikan Islam Gresik (YAPIG) dan pada tahun akademik tersebut Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Gresik berubah namanya menjadi STIT Raden Santri Gresik, sekaligus menambah dan membuka jurusan baru selain jurusan yang ada.

Dengan demikian, jurusan yang ada di STIT Raden Santri Gresik menjadi dua yaitu: Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Pendidikan Bahasa Arab (PBA). Perubahan ditetapkan melalui SK Mentri Agama RI nomor: 177 dan 272 tahun 1995. Pada tahun akademik 2000/2001 STIT Raden Santri Gresik membuka program pendidikan yang lain,sehingga program yang ada sekarangProgram Stata Satu Pendidikan Agama Islam (PAI)
PROGRAM STUDI
S1 Pendidikan Agama ISlam  
ALAMAT
Jl. Raden Santri V No.21, Kebungson, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61114 Phone : (031) 3985952
Email : stitrsg@gmail.com
Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran silahkan tekan dan hubungi: web : https://www.stitradensantri.id/

 

 

 


Untuk berpartisipasi memperbarui informasi ini, silakan mengirim email ke redaksi@laduni.id.